Tips yang Harus Kamu Lakukan Ketika Memilih Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

 

Image : Pixabay

 

Di era persaingan bisnis yang ketat ini, tentunya kamu harus mempersiapkan perencanaan yang matang dan terstruktur. Meskipun kamu memiliki modal yang banyak dan ide-ide cemerlang, tidak menutup kemungkinan bisnis yang kamu jalankan akan mengalami kerugian jika kamu tidak memperhatikan hal-hal kecil dalam perencanaanya.

Seperti bagaimana kamu memilih jasa pembuatan studi kelayakan. Meski terlihat sepele, namun inilah yang menjadi penentu proses perencanaan dan manajemen bisnis kamu.

 

Apa Itu Studi Kelayakan Bisnis

 

Studi Kelayakan Bisnis atau SKB adalah suatu kegiatan terencana dimana proses kegiatan tersebut dilakukan oleh konsultan jasa pembuatan studi kelayakan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah, peluang, situasi, dan manfaat yang akan diperoleh dalam sebuah bisnis.

Selain itu, studi kelayakan juga bertujuan untuk menentukan layak atau tidaknya sebuah bisnis yang akan kamu jalankan. Karena kegiatan dari studi kelayakan itu sendiri adalah menyusun rencana awal. Mulai dari menentukan pasar dan pemasaran, lingkungan yang tepat, manajemen perusahan, keuangan, serta ekonomi dan budaya.

Maka kamu jangan sampai salah dalam memilih jasa pembuatan studi kelayakan bisnis kamu, agar perencanaan berjalan dengan baik. Lantas bagaimana cara menentukan konsultan jasa pembuatan studi kelayakan yang tepat?

 

3 Tips yang Harus Kamu Lakukan Ketika Memilih Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

 

1. Pilihlah konsultan yang sudah berpengalaman

Memang tidak masalah jika kamu memilih konsultan baru, yang biasanya harga jasa terbilang lebih terjangkau. Tetapi, ada baiknya jika kamu memilih konsultan yang berpengalaman. Karena pastinya seseorang yang berpengalaman akan lebih ahli dalam menjalankan suatu pekerjaan.

Namun, semua itu tergantung anggaran dari bisnis yang kamu miliki. Bila kamu memang harus memilih konsultan baru, pastikan memilih konsultan yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab.

2. Pilihlah konsultan yang dapat memberikan data terakurat

Memilih konsultan yang memberi data terakurat dengan kata lain adalah konsultan yang terpercaya. Karena pada nantinya, konsultan dari studi kelayakan bisnis kamu akan mengetahui semua ide, rahasia, dan rencana dari perusahaan.

Pastikan konsultan yang kamu pilih adalah seseorang yang mampu memberikan data-data akurat untuk perjalanan bisnis kamu kedepannya.

3. Pilihlah konsultan yang mampu merancang perencanaan bisnis dengan tepat

Alasan mengapa sebelumnya kamu harus memilih konsultan yang berpengalaman adalah karena pastinya akan lebih ahli dalam perencanaan. Mulai dari perencanaan investasi, resiko, dan keuangan.

Namun, seorang jasa studi kelayakan pastilah sudah mampu memberikan perencanaan yang tepat. Hanya saja kamu harus memilih konsultan terbaik dan sesuai dengan bisnis yang akan kamu jalankan.

 

Baca Juga : Perbedaan Jasa Studi Kelayakan dan Bisnis Plan

 

Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp