Apakah Anda tahu produk Aqua? Pastinya iya. Aqua merupakan salah satu jenis produk dengan branding yang cukup kuat. Pada iklan di TV atau di media marketing lainnya, branding “Ada Aqua?” rasanya sudah tak asing di telinga masyarakat. Bahkan untuk sekedar bercandaan saat seseorang sedang tidak fokus. Branding merupakan salah satu hal penting yang wajib dimiliki oleh sebuah perusahaan. Branding berfungsi sebagai wajah atau identitas suatu perusahaan sehingga memiliki ciri khas yang berbeda dari perusahaan lainnya. Hal ini juga menjadikan konsumen lebih ingat pada produk usaha yang Anda tawarkan.

Sejak awal merintis usaha, sebaiknya Anda sudah mulai memikirkan untuk melakukan branding.  Hal ini berguna untuk membangun identitas usaha Anda lebih jelas dan terpercaya.  Branding tak hanya penting dilakukan untuk perusahaan besar saja tetapi juga UKM kelas menengah ke bawah. Sayangnya banyak UKM yang masih menganggap sepele hal ini sebab lebih mementingkan penghasilan ataupun cashflow yang didapatkan. Sebaiknya segala sektor usaha mulai memikirkan soal branding sebab mampu memberikan pengaruh yang besar dan luas untuk bisnis Anda.

Jenis branding

Adanya branding menjadikan wajah bisnis Anda memiliki value sehingga terlihat berbeda dengan perusahaan lainnya. Branding sendiri ada dua jenisnya yaitu brand image dan brand identity. Lalu  apa perbedaan antara keduanya?

Brand image

Brand image merupakan salah satu jenis branding yang akan menghadirkan persepsi konsumen kepada produk yang Anda tawarkan. Hal ini menjadikan konsumen tak hanya membeli produk Anda, tetapi juga dapat mengingat brand image yang ada pada produk tersebut. Untuk membuat brand image, maka harus yang unik dan mudah dipahami sehingga konsumen mudah ingat pada produk Anda. Brand image dapat dibangun dengan melalui packaging, iklan ataupun media marketing yang lainnya.

Brand identity

Berbeda dengan brand image, brand identity merupakan sebuah kumpulan dari jati diri perusahaan. Hal-hal yang termasuk brand identity yaitu logo, nama, warna, desain, tagline, personality hingga visi misi perusahaan Anda. Bahka warna dominan yang dipakai oleh perusahaan menjadi hal penting dalam brand identity. Misalnya saja Coca cola yang dominan warna merah atau Aqua yang dominan warna biru. Adanya brand identity ini diharapkan mampu membangun persepsi masyarakat pada perusahaan.

Begitu pentingnya branding dalam perusahaan untuk memudahkan masyarakat mengenali produk Anda.  Jika Anda masih bingung bagaimana membuatnya, maka Anda bisa menggunakan jasa konsultan branding. Sesuai dengan namanya, konsultan branding berfungsi untuk mengelola brand yang dimiliki oleh suatu perusahaan sehingga visibilitasnya lebih meningkat. Jika perusahaan Anda kesulitan dalam mengelola branding sendiri, Anda juga bisa menggunakan jasa branding agency untuk membantu. Brand agency atau tim khusus yang menangani branding akan membantu perusahaan untuk merencanakan, membuat serta mengelola brand perusahaan. Bahkan dalam soal promosi ataupun iklan.

Keberadaan brand agency mampu memberikan peranan yang besar untuk kesuksesan perusahaan. Baik ketika Anda tengah membangun perusahaan baru atau mungkin ingin mengganti brand yang lama agar terlihat lebih fresh. Persaingan pasar yang ketat dan perubahan trend yang cepat, bisa menyulitkan perusahaan Anda. Maka adanya konsultan branding baik tim khusus perusahaan atau menggunakan jasa branding agency, akan memudahkan perusahaan dalam membangun branding sesuai perkembangan zaman. Tunggu apalagi? Segera rencanakan branding perusahaan Anda sekarang juga untuk bisnis yang lebih sukses.

Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp