Citra adalah suatu penilaian. Menurut Kotler, istilah ini diartikan pandangan masyarakat terhadap produk atau perusahaan. Sementara Webster mendifinisikan sebagai konsep tentang sesuatu. Pendapat Huddleston mengenai ini adalah kesan yang dipikirkan dan yang diketahui oleh seseorang atau kelompok mengenai hal baik.

Bila ditarik benang merah bahwasannya image sengaja dibuat untuk menciptakan persepsi baik di mata masyarakat dengan cara pengumpulan pesan yang diperoleh dari pengalaman. Tujuan akhirnya tidak lain adalah permintaan produk meningkat. Hampir semua perusahaan dan pebisnis sangat menjaga pandangan positif ini. Dari sinilah pelanggan menaruh kepercayaan.

Faktor tersebut yang membuat jasa konsultan citra menjadi penting. Para profesional akan membantu mempoles perusahaan atau usaha dengan image bagus. Salah satu langkah kecil yang berpengaruh terhadapnya adalah kualitas pelayanan. Semakin banyak orang yang mengkomunikasikan keunggulan brand A secara tidak langsung promosi sudah berjalan. Sedangkan ketika citra yang terbangun negatif, mungkin salah satu penyebabnya adalah pengalaman buruk yang dialami konsumen.

Citra disebut sebagai aset jangka panjang untuk perusahaan ataupun bisnis. Bukankah hal ini menunjukan bahwa image baik penting untuk sebuah usaha? Menurut Kotler berikut beberapa manfaat dari pembangun good perseption usaha.

Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Citra perusahaan yang baik dan kuat akan menjadi karakter perusahaan. Gambaran inilah yang nantinya akan membuat perusahaan menjadi keunggulan kompetitif dan pembatas bagi kompetitor yang ingin memasuki segmen pasar bisnis tersebut. Pelanggan akan mudah menerima produk yang sudah dipercaya.

Daya Tarik Investor

Penanaman modal akan mempercayai perusahaan yang sudah jelas masa depannya. Jadi, usaha-usaha yang market dan tujuannya terencana menjadi daya tarik tersendiri untuk investor memberikan suntikan dana.

Meningkatkan Efektivitas Pemasaran

Citra baik perusahaan maupun produk menunjang efektifitas strategi marketing. Harapannya dengan persepsi tersebut akan mempermudah peluncuran produk ke pasar agar mendapat respon yang maksimal dari pelanggan. Contohnya, produk A terkenal dengan kualitas bagus, tentu akan lebih mudah proses penjualannya.

Menghemat Biaya Operasional

Produk yang dikenal masyarakat tentu membutuhkan biaya dan usaha lebih sedikit dibandingkan dengan barang atau jasa yang belum dikenal. Penghematan biaya ini bisa dialihkan untuk hal yang memperkuat image. Misalnya saja, memberian diskon untuk pelanggan.

Meningkatkan Kebanggaan Karyawan

Perusahaan yang memiliki citra baik dikalangan masyarakat membuat para karyawan turut bangga. Di sisi lain produk juga memiliki penilaian baik, sehingga meningkatkan grafik penjualan.

Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp