Jasa studi kelayakan biasa digunakan untuk menilai suatu rencana bisnis dengan seksama. Para ahli ini akan menilai setiap rencana Anda secara mendetail. Kemudian mengidentifikasi masalah yang ada ataupun yang akan terjadi. Terakhir memberikan berbagai solusi terbaik yang sesuai dengan keadaan bisnis ataupun keuangan terkini.

Para penyedia jasa pembuatan studi kelayakan tersebut sebaiknya digunakan pada setiap tahap rencana bisnis Anda. Seperti tahap awal, pelaksaan rencana dan seusai proyek. Karena setiap tahap ini pasti memiliki kendalanya tersendiri. Dengan memakai bantuan studi kelayakan tersebut maka Anda bisa menghindari risiko, memecahkan masalah yang ada sekaligus melakukan efisiensi baik dari segi dana dan waktu.

Tahap-tahap Kerja Jasa Studi Kelayakan

Penyedia jasa studi kelayakan memiliki cara kerjanya sendiri yang terdiri dari beberapa tahap. Setiap tahapan tersebut memiliki peran yang penting dalam perkembangan bisnis Anda. Oleh karena itu, usahakan untuk memakai jasa para ahli tersebut agar bisnis Anda dapat direncanakan dengan matang dan siap terjun ke pasa global. Adapun tahapan kerja dari jasa pembuatan studi kelayakan tersebut adalah:

Ide

Tahap awal dari perencanaan setiap bisnis adalah ide. Anda dapat memperoleh ide tersebut dari mana saja. Baik yang sifatya orisinil, tiruan dengan modifikasi ataupun tiruan murni. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Namun, Anda harus berhati-hati agar tidak menjiplak karya orang lain yang sudah dipatenkan. Karena konsekuensinya sangatlah besar.

Ide ini termasuk bagian dari riset. Oleh karena itu, persiapkan beberapa ide kemudian bahaslah dengan para ahli studi kelayakan untuk melihat visible atau tidaknya ide tersebut.

Riset

Tahapan kedua adalah melakukan riset berdasarkan data. Data ini bisa Anda peroleh melalui kuesioner, angket, wawancara ataupun memakai data dari lembaga resmi tertentu seperti BPS, BI, OJK, Kadin dan sebagainya. Kumpulkan semua data yang diperlukan berdasarkan ide dan sasaran pelanggan Anda kelak.

Interpretasi Data

Setelah memiliki data yang cukup maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengolahan data dan menginterpretasikannya ke dalam bentuk kalimat atau bagan agar semakin mudah dipahami. Pengolahan data ini bisa dilakukan untuk melihat hubungan tertentu yang mendorong ide bisnis Anda.

Para pakar dari jasa pembuatan studi kelayakan tentu memiliki caranya masing-masing dalam mengolah data tersebut. Mereka bisa mengolah data Anda kemudian menyajikannya secara lengkap beserta dengan masalah dan penyelesaiannya. Pada tahap ini mereka dapat memberikan masukan atau menilai kelayakan proyek dari data tersebut apakah layak atau tidak.

Evaluasi Rencana

Setelah ide dan hasil interpretasi data dinyatakan layak. Maka langkah selanjutnya adalah melakukan evaluasi rencana tersebut. Umumnya pengerjaan rencana dilakukan dari tiga tahap yaitu awal, tengah (sedang dibangun) dan akhir (telah selesai dibangun).

Mintalah jasa studi kelayakan untuk menilai setiap tahapan tersebut agar rencana yang ada dapat disempurnakan sehingga bisnis Anda menjadi lebih kuat baik dari segi pondasi rencana dan realisasinya. Evaluasi rencana ini juga menjadi penilaian apakah rencana bisnis harus dilanjutkan atau tidak.

Rencana Pelaksanaan

Setelah semua tahapan awal dinyatakan layak. Maka, tahap selanjutnya adalah melakukan rencanap pengerjaan. Karena Anda tentu ingin membuat bangunan sendiri dengan tenggat waktu tertentu, berapa orang yang akan dipekerjakan, berapa besar dana yang dibutuhkan dan lainnya.

Rencana pelaksanaan ini harus didampingi jasa pembuatan studi kelayakan agar rencana yang ada dapat dibentuk dengan baik, masuk akal dan dapat dicapai sesuai target.

Eksekusi

Tahap akhirnya adalah eksekusi rencana. Semua pihak yang berwenang harus diberdayakan dengan baik agar rencana bisnis Anda sebelumnya dapat segera terealisasikan dengan baik dan tetap waktu. Pada bagian ini jasa studi kelayakan dapat diminta perannya untuk menilai pekerjaan yang ada dari tahap awal sampai akhir. Selain itu mintalah saran dan rekomendasi dari mereka untuk setiap kekurangan dan masalah yang terjadi selama proses eksekusi tersebut.

loading...
Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp