pelatihan studi kelayakan

Menambah ilmu pengetahuan merupakanlah sebuah kewajiban. Karena selama hidup manusia haruslah selalu belajar. Hal ini akan semakin penting jika Anda adalah orang yang bekerja dengan penuh analisa seperti investor, pengusaha, pegawai keuangan dan lainnya. Oleh karena itu, untuk menambah ilmu tersebut Anda bisa mengikuti pelatihan studi kelayakan.

Mengikuti kursus studi kelayakan akan memberikan berbagai manfaat dan kelebihan tersendiri. Selain menambah ilmu, Anda bisa juga menerapkan hal ini pada bisnis yang sedang atau akan dirancang suatu saat ini. Terlebih dengan mengikuti pelatihan ini Anda dapat mengasah kemampuan analisa sehingga keputusan yang akan dibuat menjadi lebih baik daripada sebelum mengikuti kursus tersebut.

Siapa Saja Pihak Yang Harus Mengikuti Kursus Studi Kelayakan

Mengikuti pelatihan ini sangatlah baik bagi siapapun dengan latar belakang pendidikan dan pekerjaan apa saja. Namun, jika Anda memiliki latar pendidikan yang berbau ekonomi dan manajemen maka memahami materi yang ada akan semakin mudah.

Walaupun demikian, terdapat beberapa pihak dengan profesi tertentu yang harus mengikuti pelatihan studi kelayakan ini. Karena, dari kursus tersebut beliau-beliau akan memperoleh berbagai skill yang sangat mendukung kebutuhannya. Adapun pihak-pihak tersebut antara lain:

Investor

Pihak pertama yang harus mengikuti pelatihan studi kelayakan tersebut adalah investor. Mengapa? Karena para investor dan calon investor harus memiliki perhitungan sendiri sebelum mulai menanamkan modal pada suatu bisnis. Dengan memiliki ilmu studi kelayakan maka investor tersebut dapat menilai sebuah usaha atau rencana bisnis dengan baik sehingga keputusan investasi yang dihasilkan tepat sasaran dan efektif. Baik itu efektif dari pilihan investasi serta imbal hasil yang diperoleh.

Lembaga Keuangan

Pihak berikutnya adalah lembaga keuangan yang berperan memberikan bantuan dana untuk pengembangan usaha. Tentu lembaga keuangan seperti bank memiliki tim ahli analis kredit dan semacamnya yang menilai suatu usaha. Nah, dengan mengikuti pelatihan ini maka tim analis tersebut akan semakin ahli dan mengetahui trik dan tips di studi kelayakan. Tujuannya adalah agar kredit yang diberikan tepat sasaran sehingga mengurangi angka kredit macet sekaligus meraup untung lebih besar.

Manajer, Eksekutif dan Staf Profesional

Kursus studi kelayakan ini juga cocok diikuti oleh para manajer, eksekutif dan staf ahli yang berperan dalam pengembangan usaha. Mengapa? Karena pihak inilah yang menyusun rencana bisnis baik itu untuk jangka pendek dan panjang. Tentu tidak semua rencana yang ada baik atau layak walaupun idenya sangat cemerlang.

Dengan mengikuti pelatihan maka manajer dan staf profesional bisa membuat rencana bisnis yang lebih matang dan layak sehingga implementasi rencana tersebut menjadi lebih cepat. Karena bisnis yang dapat bergerak dengan mudah mengikuti kondisi global akan memiliki peluang yang lebih besar daripada para pesaingnya.

Konsultan dan Perusahaan Leasing

Dua pihak ini juga sangat dianjurkan untuk mengikuti kursus studi kelayakan. Karena dengan ilmu dari pelatihan tersebut pihak konsultan dapat memberikan solusi yang lebih baik berdasarkan analisa yang tajam. Hal ini juga sama bagi pihak leasing, dimana sebagai pemberi pembiayaan dana tidak bisa menyerahkan pinjaman kepada sembarang orang. Karena bisa membuat perusahaan rugi dari tingginya kredit macet.

Nah, dari analisa studi kelayakan yang diperoleh dari kursus tersebut, pihak leasing dapat memberikan keputusan pembiayaan yang lebih baik.

Perusahaan

Pihak yang terakhir adalah perusahaan apapun yang ingin memperluas wawasannya akan bisnis. Selain itu, dari pelatihan ini perusahaan tersebut dapat melihat kelebihan dan peluang besar usahanya sehingga menunjang ekspansi. Hal yang sama juga bisa dilakukan agar perusahaan dapat memperoleh pendapatan lain dari investasi yang dilakukan berdasarkan analisa studi kelayakan yang telah dipelajari sebelumnya di kursus.

Nah, itulah beberapa pihak yang harus mengikuti pelatihan studi kelayakan tersebut. Tentu kursus ini terbuka untuk umum, jadi apapun latar belakang dan pekerjaan Anda tidak akan menghambat untuk mempelajari studi kelayakan.

 

loading...
Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp