Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memulai Rencana Studi Kelayakan

 

Image : Pixabay

 

Sebelum memakai jasa pembuatan studi kelayakan, ada hal-hal penting yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan oleh setiap pebisnis. Hal ini guna meminimalisir kegagalan yang akan terjadi dalam proses pelaksanaan studi kelayakan.

Ketahuilah bahwa mempertimbangkan hal ini sangat penting karena apabila nanti saat proses studi kelayakan mengalami kegagalan maka mengulang lagi akan lebih sulit. Berikut poin-poin yang harus kamu ketahui :

 

 

1. Kelengkapan dan keakuratan informasi yang diperoleh

 

 

Pastikan jasa pembuatan studi kelayakan yang kamu pilih harus memberikan data yang lengkap dan akurat. Meskipun nantinya data yang diperoleh sudah lengkap, tidak semua data akan layak untuk dijadikan acuan dalam program studi kelayakan bisnis ini.

Cara mendapatkan data dan informasi pada studi kelayakan bisnis adalah dengan melakukan tahap-tahap berikut :

  • Mengumpulkan data dan informasi yang diperlukan selengkap mungkin

  • Data dan informasi yang dikumpulkan baik bersifat kualitatif maupun kuantitatif

  • Mencari informasi dari data primer maupun data sekunder

 

 

 

2. Siapa saja yang akan melakukan studi kelayakan dan berapa tim yang dimiliki dalam pembuatan studi kelayakan

 

 

Dalam melakukan studi kelayakan bisnis, tentunya kamu membutuhkan dukungan para ahli seperti jasa pembuaan studi kelayakan. Agar menghasilkan suatu proses yang lancar dan akurat, semua proses juga harus dilengkapi dengan adanya tenaga ahli yang handal dan terpercaya.

Selain itu, pastikan sebelum memulai studi kelayakan bisnis, cek dulu berapa tim yang kamu miliki nantinya untuk menjalankan sebuah proses. Apabila kamu kekuranga tim, maka proses studi ini tidak akan dapat berjalan dengan lancar.

 

 

3. Apa saja metode dan alat ukur yang tepat

 

 

Bagi setiap pebisnis yang akan menjalankan proses studi kelayakan, harus menentukan metode yang pas dan benar. Pastikan jasa pembuatan studi kelayakan yang kamu pilih mengerti akan konsep dasar pengambilan data dan infumasi yang tepat.

Ketetapan alat ukur juga harus kamu perhatikan sebagai seorang pebisnis yang akan melakukan proses studi kelayakan ini. Milikilah pengetahuan yang luas terlebih dahulu akan cara melakukan dan menentukan proses studi kelayakan bisnis tersebut.

 

Baca Juga : 3 Tips Memilih Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

 

 

4. Tentukan bagaimana loyalitas tim studi kelayakan bisnis terhadap perusahaan

 

 

Sangatlah diperlukan loyalitas dalam tim untuk melakukan proses studi kelayakan bisnis tersebut. Agar suatu proses berjalan dengan baik maka juga dilihat dari seberapa baik kerja sama, seberapa solid, dan komunikasi yang lancar dalam tim. Jika sebuah tim tidak memiliki rasa loyalitas, maka bisa saja studi kelayakan bisnis akan mengalami kendala.

Adanya komunikasi yang baik dalam tim juga akan memperlancar jalannya perencanaan bisnis ini. Ketahuilah peranan dan tanggung jawab masing-masing pihak serta mengikuti alur kerja yang sudah ditentukan sebelumnya.

 

 

Mempertimbangkan keempat poin diatas sangatlah penting dilakukan sebelum memulai proses studi kelayakan bisnis. Tidak hanya harus memahami tujuan dan aspek-aspek di dalam berjalannya studi kelayakan, memperhatikan hal-hal kecil seperti ini juga sangat berpengaruh terhadap perusahaan. Hal ini guna menyingkirkan kendala-kendala yang mungkin tidak diinginkan terjadi di masa depan.

Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp