Jasa studi kelayakan memiliki peran besar dalam membangun usaha bisnis yang baik. Karena, jasa ini berperan dalam menilai rencana bisnis apakah layak atau tidak berdasarkan analisa-analisa tertentu. Analisa yang dilakukan pastinya komprehensif dan memiliki ukuran yang baik sehingga hasil analisanya dipastikan valid.

Namun, dalam melakukan tugasnya. Para pembuat studi kelayakan ini selalu menilai rencana dari dua sisi penting. Dua hal ini bisa dikatakan persepi dari studi kelayakan itu sendiri. Jadi, persepsi tersebut akan selalu digunakan dalam menganalisa sebuah rencana bisnis.

Persepi Pada Jasa Studi Kelayakan

jasa studi kelayakan

Jasa studi kelayakan memiliki dua persepsi yang mendukung satu sama lain. Dua hal ini akan menentukan apakah rencana bisnis dapat dijalankan dengan baik, apakah harus diperbaiki ataupun dihentikan. Persepsi tersebut tidak hanya berpengaruh pada perkembangan bisnis tetapu juga lingkungan dan sosial. Nah, adapun persepsi tersebut antara lain:

1. Social Benefit

Hal pertama yang dilihat dari rencan bisnis adalah adalah keuntungan dari sisi sosialnya. Jadi, melalui bisnis yang ada akan dilihat apakah usaha tersebut akan memberikan keuntungan secara sosial atau tidak.

Karena setiap usaha pasti memiliki kelebihan dan kekurangan jika dilihat dari sosial. Jika usaha yang ada dapat memberikan keuntungan besar kepada masyarakat banyak maka bisnis tersebut layak untuk dilanjutkan. Namun, hal ini tidaklah cukup karena terdapat aspek lain yang harus diperhitungkan.

Contohnya saja masalah kebersihan lingkungan, apakah usaha yang dibangun menghasilkan banyak limbah yang dapat merusak lingkungan atau tidak. Tentu akan lebih baik jika usaha Anda memiliki upaya tersendiri untuk menangani hal tersebut sehingga masalah limbah dapat teratasi dengan mudah.

2. Financial Benefit

Jasa studi kelayakan pastinya akan mengkaji masalah keuangan dengan cermat dan seksama. Karena, sebaik apapun usaha yang dibangun jika tidak menghasilkan keuntungan maka lambat laun bisnis tersebut akan jatuh (terkecuali untuk NGO).

Penilaian dalam hal ini biasa dilihat dari segi penanaman investasi dan modal untuk pelaksanaan proyek bisnis. Kemudian dilanjut dengan kegiatan operasional apakah menghasilkan keuntungan yang diinginkan atau tidak. Penilaian keuangan ini tentu berkaitan dengan aspek finansial, SDM, pemasaran dan lainnya.

Karena semua bagian tersebut membutuhkan dana, dan dana yang ada bersumber dari kas dan investasi yang masuk pada usaha Anda. Pakar studi kelayakan akan melihat hal ini dengan seksama dan mempertimbangkan rencana bisnis Anda dengan baik. Jika benefit secara keuangan lebih besar, pastinya rencana usaha menjadi layak. Jika benefit yang ada kurang dari seharusnya maka para pakar akan memberikan masukan yang bisa Anda pakai. Jika tidak baik maka rencana tersebut akan gagal atau tidak layak.

Nah, dua persepsi di atas menjadi kacamata yang digunakan jasa studi kelayakan dalam menilai rencana usaha Anda. Jadi, usaha yang dibangun tidak semata-mata harus untung saja tetapi memiliki manfaat sosial. Karena, usaha atau bisnis yang bermanfaat pada orang banyak pastinya akan sukses dan eksis untuk waktu yang lama.

Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp