Jasa studi kelayakan bisnis merupakan jasa yang diberikan oleh para pakar untuk menilai layak atau tidaknya sebuah rencana bisnis. Peran jasa ini sangatlah penting, karena bisa menentukan arah dan masa depan sebuah usaha. Oleh karena itu, sudah seharusnya para pemilik bisnis memakai jasa pakar tersebut.

Tentunya masih banyak lagi manfaat dari jasa pembuatan studi kelayakan tersebut. Namun, jika bisa dimanfaatkan dengan baik. Maka, usaha bisnis tersebut tidak hanya terhindar dari kegagalan tetapi juga berhasil meraup keuntungan sesuai perkiraan masing-masing atau bahkan lebih.

Berbagai Peran Jasa Studi Kelayakan Bisnis Dalam Mencegah Kegagalan Bisnis

studi kelayakan bisnis

Jasa pembuatan studi kelayakan memiliki banyak peran penting dalam bisnis. Bahkan peran mereka bisa disesuaikan baik itu pada awal perencanaan ataupun ketika bisnis telah beroperasi. Karenanya, Anda harus memakai jasa ini ketika dibutuhkan.

Tentunya pemilik bisnis memiliki alasan kapan harus memakai jasa ini. Namun, jika Anda adalah pemain baru dalam dunia bisnis (sama sekali tidak punya pengalaman bisnis) dan memiliki niat membangun bisnis besar maka gunakanlah jasa ini sejak awal.

Mengapa? Karena terdapat banyak hal yang bisa dilakukan jasa studi kelayakan untuk mencegah kegagalan usaha bisnis, seperti:

1. Analisa Rencana Bisnis

Hal pertama yang dilakukan oleh pakar feasibility study adalah menganalisa rencana bisnis Anda. Sebenarnya Anda bisa memakai jasa mereka ketika penyusunan rencana bisnis. Namun, jika tidak ingin terlalu bergantung kepada para ahli maka susunlah rencana bisnis Anda terlebih dahulu dengan baik.

Nantinya, para pakar tersebut akan menganalisa semua hal penting dalam business plan Anda. Semua sisi akan diperhatikan baik itu rencana keuangan, operasional, proyek pembangunan, pilihan tempat, perbandingan usaha, persaingan dan lain sebagainya. Semua hal ini harus diperhatikan dengan baik agar kegagalan dalam usaha jasa atau produk dapat diminimalisir.

2. Analisa Pasar Studi Kelayakan Bisnis

Selain itu, pakar feasibility study akan menganalisa keadaan pasar apakah mendukung atau tidak. Selain itu, para ahli juga akan memperkirakan berapa besar pangsa pasar yang dapat Anda kuasai, bagaimana peluang yang bisa diperoleh dan lain sebagainya.

Karena, dengan analisa pasar yang baik maka Anda bisa membuat perencanaan yang lebih matang untuk menghadapi keadaan pasar yang sering berubah-ubah.

3. Kesimpulan dan Masukan

Setelah melakukan analisan dan kajian secara mendalam, para pakar studi kelayakan akan mengumpulkan data dan mengolahnya lebih lanjut. Hasil penelitian ini sangat membantu para pakar untuk membuat keputusan apakah suatu bisnis itu layak atau tidak.

Selain itu, para pakar ini akan memberikan berbagai masukan dan perbaikan sehingga business plan ataupun bisnis yang telah berjalan dapat beroperasi dengan lebih baik. Tujuannya adalah meningkatkan keuntungan bisnis semaksimal mungkin dan mengurangi peluang kegagalan.

Nah, itulah beberapa peran studi kelayakan bisnis dalam mencegah kegagalan usaha. Tentunya masih banyak lagi peran jasa tersebut. Namun, dari sedikit paparan di atas Anda dapat memahami bahwa jasa ini sangatlah bermanfaat bagi para pemilik bisnis.

Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp