Riset pasar merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengetahui minat konsumen dan posisi kompetitor. Data ini tentu akan mempermudah proses produksi barang atau jasa dalam persaingan. Apalagi seperti yang sudah diketahui bahwa Bandung memiliki market luas, dengan sumber daya manusia dengan kreatifitas tinggi. Tentu persaingan bisnis yang terjalin lebih ketat dibandingkan dengan kota besar lainnya.

Melaui penelitian ini dapat diketahui pula konsumen mana saja yang potensial, produk dan kualitas seperti apa yang dibutuhkan. Tahapan ini akan jauh lebih meringankan, karena Anda tidak perlu bersuyah-payah menentukan strategi pemasaran yang akan dijalankan. Kemudahan itu yang kemudian mendorong jasa riset pasar banyak dicari oleh pebisnis.

Jasa Riset Pasar

Marketing dengan penelitian pasar berkaitan. Namun, keduanya sangat berbeda. Menurut American Marketing Association, riset pemasaran adalah fungsi yang dapat menghubungkan konsumen dan publik melalui informasi untuk mengidentifikasi serta mendefinisikan peluang maupun kendalanya. Dari sini dilakukan penyempurnaan sehingga evaluasi dapat terlaksana.

Sedangkan menurut Philip Kotler, marketing research ialah planning, pengumpulan data, analisis serta pelaporan yang telah tersusun sistematis berdasarkan penemuan yang sesuai dengan situasi pemasaran. Dari pendapat ahli tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa riset pemasaran memiliki cakupan yang luas dibanding dengan penelitian pasar.

Ada 2 jenis riset market yang bisa dijalankan untuk menunjang kinerja strategi bisnis. Research primer adalah kegiatan analisis dimana sumbernya didapatkan secara langsung, bertujuan untuk memastikan kondisi pasar terkini. Informasi bisa diperoleh dari wawancara secara langsung atau face to face maupun tidak langsung melalui email, telepon, video call. Survey atau observasi secara mendalam.

Bisa juga dengan kuesioner, melakukan diskusi dengan anggota terdiri dari sampel konsumen maupun customer potensial untuk memperoleh umpan balik. Sedangkan riset sekunder adalah proses pengumpulan data yang sumbernya berasal dari informasi yang sudah tersedia. Sehingga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan strategi.

Menurut Damon market research memiliki 4 tujuan dasar.

Menganalisis Pasar

Dengan adanya penelitian pasar otomatis mempermudah pengusaha mengetahui potensi pembeli, lokasi usaha, dan kondisi pesaing. Semakin banyak informasi yang didapatkan akan bagus untuk pergerakan bisnis.

Menganalisis Respon dari Konsumen

Seperti yang sudah diketahui bahwa data yang sudah tersedia akan membantu menentukan strategi. Secara tidak langsung tanggapan konsumen atas produk akan mudah didapatkan. Pengkajian ini bisa dilakukan sebelum barang atau jasa diperkenalkan kepada masyarakat.

Menganalisis Efektivitas Promosi

Tujuan yang tidak kalah penting adalah pebisnis akan dibantu menetapkan media promosi yang sesuai dengan target pasar. Misalnya, usaha bergerak dibidang jasa photocopy. Maka bentuk iklan disesuaikan dengan sasaran yaitu para pelajar ataupun pekerja kantoran.

Penyusunan Strategi

Informasi atas kemerosotan usaha sebelumnya sangat dibutuhkan untuk melihat jenis pasar apa saja yang sukses di kalangan masyarakat. Selanjutnya, barulah dibentuk tahap pelaksanaan bisnis yang mengacu pada strategi pemasaran.

Demikian uraian mengenai jasa riset pemasaran yang akan membantu meningkatkan omset bisnis. Bandung bisa menjadi market dunia, ketika secara sumber daya manusia memiliki visi.

Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp