Secara garis besar politik adalah kegiatan yang dilakukan oleh seorang atau kelompok untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Menurut Miriam Budiharjo, bidang tersebut merupakan suatu sistem yang menyangkut proses menentukan tujuan dari pola dan pelaksanaan terhadap tujuan.

Dalam bahasa yang lebih mudah dipahami dapat dikatakan bahwa politik adalah segala yang berhubungan dengan negara maupun proses pengambilan keputusan ketatanegaraan. Melalui pendapat ahli tersebut dapat disimpulkan bila ilmu ini merupakan seni memerintah orang lain dengan kekuasaan yang dimiliki. Salah satu jaminan yang ditawarkan untuk mereka adalah prestise atau pengakuan.

Fakta itu menjadi faktor dari lahirnya marketing politic, yang mana opini kandidat parpol dipasarkan dengan tujuan mendapat dukungan publik. Clemente mendifinisikan hal tersebut adalah ide dan opini yang berhubungan dengan isu mengenai kandidat. Secara umum, teori ini dirancang untuk mempengaruhi suara pemilih dalam pemilu. Dalam prosesnya, kegiatan akan melibatkan banyak pihak termasuk jasa konsultan dalam memaksimalkan pencapaian tujuan

Adapun tiga strategi marketing politic, yakni push marketing dilakukan dengan menyampaikan produk secara langsung kepada pemilih. Dalam tahapan ini kandidat akan memberikan alasan rasional, emosional, dan bahkan memotivasi untuk mendapat dukungan publik. Gagasan itu akan disampaikan melalui media massa, dan para influencer.

Kemudian pass marketing, pemasaran menitik beratkan pada orang atau kelompok yang berpengaruh. Semakin tepat elit politik memilih influencer, efek yang diraih makin besar karena mempermudah mendapat kepercayaan dari pemilih. Pull Marketing adalah kegiatan politik yang mengarah pada pembentukan citra baik.

Sebelum menggunakan jasa konsultan marketing poilitik, ketahui tiga layanan yang akan Anda dapatkan berikut ini.

Mapping

Layanan ini berupa penelitian mengenai perilaku pemilih dan bagaimana cara pemetaan mereka dengan pesaing. Seorang konsultan bertugas menganalisis keinginan publik, mengiring opini untuk menjurus pada calon kandidat. Contohnya, riset suara pemilih muda yang dijadikan target utama parpol. Secara bersamaan para profesional akan mencari solusi untuk melakukan pendekatan. Biasanya, jasa konsultan politik akan mengunakan cara modern untuk menjangkau segmen tersebut. Faktor demografi pun sangat mempengaruhinya.

Monitoring

Berikutnya, proses monitor yang akan dilaksanakan untuk mengendalikan penyimpangan. Mengingat pesaing politik tidak tinggal diam. Mereka akan melakukan hal sama untuk merebut hati publik. Jadi, branding dan membaca sentimen masyarakat harus ditangani dengan cepat.

Mobilizing

Step berikut adalah evaluasi dan implementasi dari langkah sebelumnya. Kegiatan ini akan dilakukan oleh konsultan dengan cara memobilitas massa. Salah satu cara yang sering digunakan ialah penempatan saksi di tempat pemungutan suara.

Jasa konsultan marketing politik mempermudah merangkum kondisi publik dengan berbagai riset yang akan dilakukan. Selain  itu, promosi dan pemuatan konten positif akan dijalankan sesuai perjanjian awal. Harapannya kompleksitas tersebut tepat sasaran dan para elit untuk memahami kondisi publik yang sebenarnya.

Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp