sumber : http://8thinktank.co.id/

Pengembangan konsep merupakan salah satu fase yang penting dari kegiatan pengembangan produk. Demi meningkatkan kualitas dari sebuah produk yang dibuat maka pengembangan konsep selalu dilakukan guna menemukan terobosan baru yang dapat digunakan untuk memperbaiki mutu barang yang sudah ada maupun membuat terobosan produk baru.

Pengembangan Konsep

sumber : infotrainingkonsultan.com

Tujuan utama dari kegiatan perencanaan desain adalah terletak pada fase pengembangan konsep. Banyak dari para ahli berpendapat bahwa konsep desain merupakan penggabungan baik lisan maupun tulisan dan prototype, yang akan dilakukan perbaikan dan bagaimana respon pelanggan menunjukkan keuntungan atau kerugiannya.

Terdapat tiga bagian penting dari fase pengembangan konsep yakni bentuk, teknologi dan keuntungan. Dalam sebuah proses pengembangan konsep juga terdapat beberapa jenis kegiatan yang dapat menopang berjalannya proses pengembangan konsep itu sendiri.

sumber : zhemwel.net

Identifikasi kebutuhan pelanggan dilakukan guna mengetahui apakah konsep yang akan dituangkan dapat berjalan sinergi dengan kebutuhan para pelanggan, jika sebuah produk jadi dengan konsep matang namun bertolak belakang dengan kebutuhan konsumsi dari para pelanggan maka kegiatan pengembangan konsep produk dapat dikatakan tidak berjalan sesuai dengan sebagaimana mestinya.

Spesifikasi adalah terjemahan dari kebutuhan konsumen ke dalam persyaratan teknis. Output dari langkah ini adalah daftar spesifikasi target. Proses pembuatan spesifikasi target terdiri dari 3 langkah yakni mempersiapkan daftar matrix kebutuhan berdasarkan tingkat kepentingannya. Kemudian dilakukan pengumpulan informasi tentang pesaing dan mengkombinasikannya dengan tingkat kepuasan dari pelanggan produk pesaing.

Pengembangan Produk

sumber : ferditraining.com

Pengembangan produk adalah serangkaian kegiatan yang dimulai dengan analisis persepsi dan peluang. Pengembangan produk merupakan kegiatan yang menggunakan berbagai disiplin ilmu dan dibutuhkan kontribusi dari hampir semua fungsi di perusahaan, tetapi tiga fungsi yang selalu paling penting untuk proyek pengembangan produk.

Fungsi pemasaran adalah untuk menjembatani interaksi antara perusahaan dan pelanggan. Peran lain adalah untuk memfasilitasi proses mengidentifikasi peluang produk, mendefinisikan segmen pasar, dan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan. Bagian pemasaran juga harus secara sistematis merancang komunikasi yang baik antara perusahaan dan pelanggan guna menetapkan patokan harga dan merancang peluncuran dan promosi produk.

Fungsi desain memainkan peran penting dalam menentukan bentuk fisik produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Dalam konteks ini bagian desain dari tugas meliputi desain teknik berupa mekanik, listrik, perangkat lunak, dll. Dan juga desain industri meliputi estetika, ergonomi, antarmuka pengguna.

Fungsi manufaktur terutama bertanggung jawab untuk merancang dan mengoperasikan sistem produksi dalam proses produksi produk. Fungsi ini mencakup pembelian, pemasangan, dan distribusi. Proses pengembangan produk di perusahaan umumnya melewati enam tahapan proses.

sumber : entrepreneurhub.id

Kegiatan perencanaan sering disebut sebagai fase nol karena kegiatan ini mendahului persetujuan proyek dan proses peluncuran pengembangan produk yang sebenarnya. Dalam tahap pengembangan konsep, kebutuhan target pasar perlu terlebih dahulu diidentifikasi secara mendalam, konsep produk alternatif perlu disiapkan dan dievaluasi, dan satu atau lebih konsep dipilih untuk pengembangan dan eksperimen lebih lanjut.

Fase desain tingkat sistem mencakup definisi arsitektur produk dan penguraian produk menjadi subsistem dan komponen. Tahap pendesainan meliputi perancangan dari bentuk dan bahan produk yang akan dibuat termasuk pula tingkat toleransi dari keseluruhan komponen unik dari produk dan juga  pengidentifikasian semua komponen standar.

Tahap pengujian dan perbaikan melibatkan pembangunan dan evaluasi berbagai versi produksi awal produk. Pada tahap produksi awal, produk dibuat menggunakan sistem produksi nyata. Tujuan dari produksi awal ini adalah untuk melatih pekerja dalam memecahkan masalah yang muncul dalam proses produksi yang sebenarnya.

Untuk anda pribadi yang memiliki banyak ide namun merasa kesulitan untuk mengeksekusi ide tersebut dikarenakan keterbatasan sumber daya manusia profesional yang turut membantu anda dalam memecahkan masalah dalam pengembangan konsep produk maupun brand yang ingin anda buat, anda tidak perlu khawatir. Banyak bertebaran jasa yang menawarkan konsultan pengembangan sebuah produk yang bisa anda coba.

Salah satu yang menawarkan jasa pengembangan konsep produk dan branding yang bisa anda coba adalah brankasbro.id. Disini anda bisa melakukan konsultasi strategi komunikasi dari barang dan brand yang ingin anda buat. Anda juga akan dibantu dalam melakukan riset perencanaan dan pemetaan dari produk dan juga brand yang akan anda buat. Dan untuk masalah pengembangan produk anda tidak perlu pusing karena di brankasbro.id terdapat tim profesional yang siap membantu anda.

loading...
Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp