sumber : Pexels.com/ Andrea Piacquadio

Melihat tren ide bisnis yang kian hari kian banyak membuat anda calon pebisnis semakin pesimis untuk menentukan bisnis apa yang memiliki pesaing sedikit. Jika anda berbicara mengenai bisnis yang memiliki sedikit pesaing semua itu tergantung dari daerah dimana anda membuka bisnis anda, belum tentu sebuah bisnis sedikit memiliki pesaing di jakarta bisa di aplikasikan di kota lain. Daripada anda mencari bisnis yang belum banyak pesaing lebih baik anda menghindari bisnis apa saja yang sudah terlalu banyak saingan. Setiap bisnis pasti memiliki pesaing dan pilihlah jumlah pesaing yang lebih sedikit dan lemah.

  • Konveksi

sumber : Pexels.com/ Pixabay

Lupakan sejenak bisnis unik dan bisnis yang terkesan hippie yang dewasa ini sangat marak didirikan. Kenapa anda harus memilih bisnis konveksi, ada banyak alasan yang membuat bisnis ini memiliki tingkat survivabilitas yang tinggi meskipun keuntungannya tidak terjamin untuk tinggi setiap waktu.

Bisnis konveksi bisa saling menguntungkan satu sama lain. Jika anda membuka bisnis konveksi di daerah anda sudah pasti menemukan pesaing, namun persaingan di bisnis konveksi ini tidak sekejam persaingan dalam bisnis kuliner. Jika anda membuka sebuah jasa konveksi kecil maka anda memiliki pangsa pasar tersendiri yakni orderan yang tidak banyak.

Karena seringkali konveksi yang sudah besar lebih mengutamakan pesanan yang jumlahnya banyak. Dan sisi positif dari adanya saingan dari usaha konveksi yang lebih besar adalah anda memiliki potensi sebagai produsen cadangan apabila produsen besar tersebut kekurangan tenaga untuk mengerjakan sebuah proyek, quid pro quo.

  • Cuci Helm

sumber : Pexels.com/ Startup stock photos

Mungkin usaha cuci helm di daerah metropolitan seperti di jakarta sangat lumrah ditemui. Jika anda kesulitan menemukan ide bisnis pergilah keluar kota karena di jakarta sudah terlalu banyak pesaing. Jika anda pergi ke daerah yang lebih kecil seperti di daerah jawa timuran pasti anda akan sangat kesusahan menemukan jasa cuci helm. Percayalah jika anda menggunakan jasa gojek silahkan cium helm yang diberikan mamang-mamang gojek.

Usaha ini memang terlihat sepele dan kalau dihitung lebih rinci tidak memberikan profit yang terlalu tinggi. Namun apabila anda bisa memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan untuk membuka usaha ini di daerah anda, meskipun tidak banyak pasti ada saja pelanggan yang membutuhkan jasa anda.

  • Budidaya Jangkrik

sumber : Pexels.com/ Miguel A Padrinan

Bisnis yang satu ini merupakan bisnis modal dengkul dan modal utama anda adalah niat untuk mencari rejeki. Bisnis budidaya jangkrik saat ini masih belum ada yang bersifat masif terutama di daerah luar ibukota. Jika anda menemukan peternak jangkrik yang ada bukan persaingan namun seringkali adalah perkumpulan peternak yang saling bantu satu sama lain agar tidak terjadi monopoli yang satu sama lain.

Bisnis budidaya jangkrik sangat menguntungkan sekali, selain jangkrik pasti dibutuhkan oleh para penghobi burung. Di indonesia sendiri sangat banyak penghobi burung yang terkadang pada musim tertentu masih kesulitan menemukan jangkrik untuk pakan burung kesayangan mereka. Disini anda bisa turut menjadi peternak jangkrik yang hingga saat ini jumlah jangkrik selalu kekurangan dan harga jangkrik sendiri terbilang stabil dari waktu ke waktu.

sumber : Pexels.com/ Pixabay

Itulah tadi beberapa ide bisnis yang memiliki sedikit pesaing yang bisa anda terapkan jika anda berniat membuka usaha sampingan atau bahkan anda bisa menjadikan usaha primer untuk penghasilan anda. Dalam dunia bisnis tidak ada persaingan merupakan sebuah keniscayaan yang tak mungkin terjadi. Jadi sebelum anda membuka bisnis ubahlah mindset anda dari sebelumnya menghindari persaingan dan menjadikan para pesaing sebagai motivasi anda untuk terus berinovasi dengan bisnis yang anda tekuni. Untuk yang masih bingung bisa di tanya ke Penasehat Bisnis

loading...
Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp