Jasa Riset Pasar Online

Optimalkan Pemasaran Produk dengan Jasa Riset Pasar Online

Dunia bisnis dan pemasaran semakin berkembang di era digital ini. Tidak heran bila jasa riset pasar online semakin diperlukan oleh institusi bisnis. Baik itu UKM (usaha kecil menengah) dan korporasi.

Dunia bisnis dan pemasaran semakin berkembang di era digital ini. Tidak heran bila jasa riset pasar online semakin diperlukan oleh institusi bisnis. Baik itu UKM (usaha kecil menengah) dan korporasi. Di antara sekian banyak jasa konsultan yang ditemui, tidak mudah bukan untuk memilih yang paling tepat bagi bisnis Anda? Tak perlu khawatir. Simak kiat memilih jasa konsultan di artikel ini, yuk!

Kiat Pilih Jasa Riset Pasar Online

Dalam riset pemasaran yang dibahas di sini terdapat dua komponen kata, yaitu riset dan pasar. Tujuan riset pemasaran yakni untuk mengetahui dan menganalisa hal-hal yang dibutuhkan atau diinginkan oleh masyarakat, pasar ataupun pesaing.

Karenanya, setelah melakukan riset pemasaran Anda dapat mengetahui produk/jasa apa yang dibutuhkan, kualitas produk dan Anda juga dapat membuat proyeksi dan potensi permintaan akan produk/jasa dari bisnis Anda.

Keuntungan Melakukan Riset Pasar Secara Online

Beberapa keuntungan melakukan riset pasar secara online, yaitu:

  1. Anda dapat menjangkau audiens yang lebih besar dan lebih luas daripada hanya mereka yang berada di sekitar lokasi perusahaan Anda. Jadi, jika Anda melihat area yang lebih luas dan lebih banyak orang, Anda akan mendapatkan informasi yang lebih baik. Ini akan memakan waktu lebih sedikit untuk mengumpulkan data dan menganalisisnya karena meningkatnya jumlah orang yang dapat berpartisipasi dalam penelitian online.
  2. Responden dapat segera mengisi informasi yang relevan secara online, dan data tersebut diunggah ke dasbor yang dapat dilacak secara real time. Data yang Anda peroleh dari responden juga akan lebih mudah direkam karena otomatisasi pendistribusian dan penyimpanan data. Jadi, ketika kita beralih ke langkah selanjutnya yaitu analisis, juga akan lebih mudah untuk membuat laporan.
  3. Lebih jauh lagi, dengan melakukan riset online, Anda dapat mencegah atau mengurangi masalah yang mungkin terjadi jika Anda melakukannya dalam setting riset yang lebih tradisional. Melakukan riset online akan membantu menghemat uang. Misalnya, biaya penyebaran kuesioner penelitian, yang membutuhkan logistik.

Jika Anda membutuhkan jasa riset pasar online, berikut kiat yang bisa diterapkan:

Kiat Memilih Jasa Riset Pasar Online

  1. Pilih yang paling memahami riset pasar
    Saat memilih jasa konsultan riset pastikan mereka memahami pentingnya riset bisnis. Brand bukan hanya berhubungan dengan produk atau layanan jasa yang dijual, tapi kepercayaan publik. Kepercayaan ini didasarkan atas keyakinan konsumen mengenai produk tersebut. Ketika konsumen memakai produk Anda, mereka percaya produk atau layanan jasa ini dapat memenuhi kebutuhannya serta merasakan kepuasan lebih dibanding produk/jasa sejenis.
  1. Jasa riset pemasaran yang profesional
    Mereka akan mampu memberikan solusi beragam bagi klien untuk memilih jenis jasa yang paling dibutuhkan. Karena tidak semua jasa riset pemasaran dibutuhkan oleh bisnis Anda. Banyak faktor yang berperan. Coba konsultasikan bersama penyedia jasa konsultan riset tersebut, ya. 

Tantangan Melakukan Riset Pasar Online

Meskipun riset pasar yang dilakukan secara online memberi Anda beberapa keuntungan, ada juga masalah berbeda yang harus Anda hadapi saat mengumpulkan data. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah rentang perhatian dan kemampuan responden untuk menyelesaikan penelitian.

The Guardian berpendapat bahwa saat ini, rentang perhatian seseorang hampir tidak lebih dari 12 detik. Akibatnya, Anda harus memastikan bahwa responden memiliki cukup waktu untuk mencurahkan hanya untuk menjawab pertanyaan penelitian. Jadi, Anda harus mengembangkan pertanyaan yang efisien. 

Hal ini juga dilakukan agar responden tidak mengalami kelelahan responden yang menyebabkan kualitas data yang diberikan tidak memenuhi harapan saat mengisi survei riset pasar online. Kualitas responden di panel adalah masalah berikutnya yang harus ditangani. 

Dalam dunia yang ideal, setiap bisnis akan memiliki daftar klien yang lengkap. Jika tidak, tim riset pasar dapat memperoleh panel responden dari organisasi riset pemasaran yang memiliki reputasi untuk riset kuantitatif online. Selain database konsumen dan panel respons dari pihak ketiga (seperti perusahaan riset pasar), Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk mengajak konsumen berpartisipasi.

Memilih Jasa Riset Pasar Online

Jasa riset pasar online survey center telah dipercaya melayani kebutuhan survey online dengan maksimal. Sudah terbukti dari banyak klien puas dari hasil yang kami berikan. Bahkan bisnis bisa berkembang dengan pesat setelah melakukan riset dan survei secara online.


Melalui survey center, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui website www.surveycenter.co.id

Leave a Reply