Meskipun dalam sebuah kegiatan bisnis atau usaha riset pemasaran tidak terlalu krusial untuk dilakukan, namun pada kesempatan tertentu riset pemasaran ini penting untuk dilakukan. Riset pasar akan dilakukan apabila keadaan perusahaan memang membutuhkan adanya riset pemasaran, bisa karena menurunnya omset perusahaan. Selain itu riset pemasaran juga perlu dilakukan pada saat sebuah perusahaan mengalami kekurangan data guna memetakan pangsa pasar yang akan dijamah oleh perusahaan tersebut.

sumber : pexels.com/ ThisisEngineering

Berdasarkan tujuan dari dilakukannya riset pemasaran maka riset pemasaran ini dapat diklasifikasikan menjadi tiga kategori yakni riset pemasaran untuk pemecahan masalah, riset pemasaran untuk pengawasan dan pengendalian, dan riset pemasaran yang dilakukan untuk perencanaan kegiatan pemasaran.

Riset Pemasaran Untuk Pemecahan Masalah

sumber : pexels.com/ fotografierende

Riset pasar untuk pemecahan masalah memiliki orientasi untuk melakukan evaluasi dari kegagalan yang pernah diderita oleh sebuah perusahaan atau badan usaha. Dalam riset pemasaran ini akan lebih difokuskan untuk mencari cara bagaimana menghadapi masalah atau memperbaiki kegagalan. Ada beberapa poin penting dalam riset pemasaran guna memecahkan masalah yakni riset segmentasi dimana dalam riset ini dilakukan pengelompokan konsumen berdasarkan pola konsumsi untuk mengetahui potensi yang ditimbulkan oleh kelompok tersebut.

Kemudian ada riset distribusi yang dilakukan untuk mengoptimalkan strategi distribusi dan juga mengetahui demografi konsumen untuk menentukan peluang dari produk yang akan ditawarkan. Riset promosi atau riset penjualan dilakukan untuk mengetahui apa saja yang kurang dalam aspek promosi dan penjualan sehingga perusahaan tidak dapat memaksimalkan penjualan dan mencapai target konsumen yang diinginkan.

Riset Pengendalian

sumber : pexels.com/ bruce mars

Riset pengendalian lebih difokuskan untuk kepentingan jangka panjang dimana pada riset ini akan dilakukan berbagai macam pengendalian mulai dari quality control, riset potensi pasar, dan riset tren produk. Riset pengendalian sendiri bisa rutin dilakukan untuk tetap menjaga perusahaan tetap kompetitif. Riset pengendalian sendiri merupakan sebuah investasi jangka panjang dimana dengan melakukan riset ini maka perusahaan akan secara teratur mendapatkan berbagai macam data yang berguna mulai dari potensi pasar, tren konsumen, pola konsumsi pasar dan juga peramalan pasar yang bisa menjadi sebuah aset penting untuk menjaga kesehatan perusahaan.

Riset Perencanaan

sumber : pexels.com/ Noelle Otto

Riset yang satu ini dilakukan atas dasar riset pengendalian. Dimana pada riset pengendalian akan didapatkan berbagai macam data yang berguna untuk memaksimalkan keuntungan yang diraih oleh perusahaan. Kemudian pada riset perencanaan sendiri lebih mengacu kepada strategi apa yang akan dijalankan perusahaan untuk mengaplikasikan data yang telah didapatkan melalui riset pengendalian.

Riset pengendalian dan riset perencanaan memang sangat bergantung satu sama lain, oleh karena itu apabila salah satu riset tidak berhasil memaksimalkan potensi yang bisa diraih maka hasil akhir dari strategi yang dijalankan perusahaan dapat diramalkan tidak berjalan dengan lancar atau tidak dapat mencapai target. Riset perencanaan dapat menjadi fase krusial dimana pada fase riset pengendalian ini sebuah perusahaan akan menentukan strategi mana yang akan dieksekusi untuk menyelesaikan masalah, atau untuk mengambil keuntungan dari pasar.

sumber : pexels.com/ Pixabay

Itulah tadi poin penting yang bisa anda jadikan referensi terkait klasifikasi riset pasar. Tujuan utama dari riset pemasaran secara umum sendiri adalah memaksimalkan potensi dari penjualan sebuah perusahaan sehingga dapat mendapatkan keuntungan yang maksimal. Tujuan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan maksimal ini dapat disokong salah satunya adalah dengan melaksanakan riset pemasaran yang meliputi tiga poin utama yakni riset pemasaran untuk pemecahan masalah, riset pengendalian, dan riset perencanaan.

loading...
Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp