Address

Gedung Garden Avenue Rasuna Lantai 1
Jl.Epicentrum Tengah No.3 Rasuna Epicentrum Karet Kuningan Setiabudi Jakarta Selatan 12940


Phone
+62 21 5989 2328

Mengenal Apa Itu Brand Awarness

Sangat penting bagi pelaku bisnis untuk mengetahui apa itu brand awarness supaya dapat meningkatkan citra merek di masyarakat

Kesadaran merek, yang juga dikenal sebagai brand awareness, mencakup kemampuan konsumen dalam mengidentifikasi produk kita melalui elemen-elemen seperti logo, warna, citra, serta atribut lainnya. Artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai brand awareness.

Pengertian Brand Awareness?

Dalam istilah sederhana, brand awareness mengukur sejauh mana konsumen mengenali suatu merek, yakni seberapa terkenalnya merek tersebut di mata audiens yang dituju. Komponen ini memiliki peran penting dalam tahapan pengambilan keputusan sebelum melakukan pembelian.

Brand awareness meliputi dua aspek, yaitu pengenalan merek (brand recognition) dan ingatan terhadap merek (brand recall). Secara lebih jelas, ini berarti bahwa konsumen harus mampu mengenali merek dengan benar ketika diberikan petunjuk, atau mereka dapat mengingat kembali suatu merek secara spesifik ketika kategori produknya disebutkan.

Manfaat Brand Awareness

Kehadiran brand awareness memiliki peran sentral dalam kesuksesan operasional bisnis yang dijalankan oleh kamu. Hal ini disebabkan oleh sejumlah keuntungan yang dapat diperoleh oleh kamu melalui upaya membangun kesadaran merek. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengarahkan Kunjungan ke Situs Web

Kampanye brand awareness yang kuat akan berperan dalam menghasilkan lalu lintas organik ke situs web kamu. Tingkat pencarian merek kamu akan menjadi parameter utama untuk mengukur tingkat kesadaran merek.

Mayoritas konsumen cenderung lebih condong untuk membeli dari merek yang dikenal melalui situs web, dibandingkan dengan merek yang belum dikenal. Selain itu, tingkat kesadaran merek dan hubungan emosional terhadap merek dapat meningkatkan rasio klik-tayang dan konversi dalam kampanye iklan online hingga tiga kali lipat.

Meskipun membangun kesadaran merek memerlukan waktu, begitu merek kamu telah mencapai tahap di mana banyak orang mengenalinya, membangun kepercayaan akan menjadi lebih mudah dan cepat. Hasilnya, ini akan berkontribusi pada peningkatan penjualan dan keberlanjutan loyalitas pelanggan.

2. Membangun Kepercayaan Konsumen

Semakin luas pengetahuan orang tentang merek kamu, maka akan semakin mudah juga untuk memupuk kepercayaan. Pelanggan tidak perlu melakukan riset awal untuk mengenal lebih jauh tentang merek kamu jika merek tersebut selalu berada di garis depan. Sebaliknya, mereka mungkin akan cenderung mencari pandangan dari teman, keluarga, atau kenalan.

Ketika teman, keluarga, dan kolega konsumen memiliki pengetahuan tentang dan merekomendasikan merek kamu, maka konsumen tersebut akan lebih cenderung memiliki keyakinan yang kuat terhadap produk kamu.

3. Meningkatkan Citra Suatu Merek

Perlu diingat, bahwa citra merek bukanlah hal yang sama dengan kesadaran merek. Citra merek melibatkan lebih dari sekadar jumlah konsumen yang mengenali merek kamu. Hal ini lebih menitikberatkan pada perasaan yang muncul dalam benak mereka terkait merek kamu. Meskipun ada kesadaran merek di pasar, akan sia-sia jika citra merek kamu merosot.

Oleh karena itu, dalam usaha membangun kesadaran merek, tentu saja kamu harus mengarahkan perhatian pada pembentukan citra merek. Jika kamu menginginkan dampak positif jangka panjang, disarankan untuk merancang kampanye kesadaran merek dengan mempertimbangkan citra merek secara khusus.

4. Pembuatan Konten dan Produk Lebih Baik

Melalui pengembangan brand awareness, hal ini sejatinya akan mempermudah kamu dalam merancang kampanye pemasaran yang lebih unggul. Alih-alih hanya mencapai lebih banyak target audiens, kamu juga dapat mengumpulkan informasi yang lebih kaya mengenai audiens yang dituju.

Keadaan ini akan membantu kamu untuk menyesuaikan strategi pemasaran, produk, konten, atau layanan guna secara efektif memenuhi keinginan serta kebutuhan konsumen. Inilah alasan utama mengapa perhatian yang serius harus diberikan pada pembangunan kesadaran merek.

5. Meningkatkan Penjualan

Kesadaran merek menjadi dasar yang mengharuskan diberikan prioritas dalam segala strategi pemasaran, mulai dari penggunaan media sosial hingga optimalisasi mesin pencari (SEO). Inilah yang akan membantu kamu memastikan bahwa konsumen memiliki kesadaran terhadap produk atau layanan yang ditawarkan oleh kamu.

Dengan cara ini, kamu akan dapat membangun kepercayaan dengan konsumen dan berpengaruh terhadap tahap pengambilan keputusan mereka. Sejalan dengan itu, ketika konsumen dapat mengenali merek dan logo produk kamu serta elemen pemasaran lainnya, ini akan membantu meningkatkan jumlah penjualan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai apa itu brand awarness. Brand awarness mampu meningkatkan profit suatu bisnis sehingga diperlukan strategi yang tepat dalam penerapannya. Dengan begitu, brand bisnis kamu dapat dikenal oleh banyak orang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *