sumber : pexels.com/ kaboompics.com

Setiap perusahaan pasti menginginkan produknya mudah dikenal di pasaran. Hal ini yang disebut sebagai brand, sesuatu yang berkaitan dengan produk, perusahaan, layanan atau hal lain yang terkait dengan perusahaan. Misalnya saja, ketika Anda diminta memilih secara gratis beberapa merk jam tangan Rolex atau lainnya. Sudah pasti banyak orang yang lebih memilih Rolex. Hal ini wajar mengingat brand Rolex sudah terkenal.

Memiliki brand yang sudah terkenal, menjadikan masyarakat jadi mengingat brand perusahaan Anda ketika membutuhkan suatu barang. Hanya saja membangun brand yang dapat dikenali masyarakat luas tentunya bukanlah hal yang mudah. Namun tidak juga susah jika Anda mengetahui caranya. Butuh waktu yang cukup anjang serta cara yang efektif untuk menjangkau konsumen. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun brand pada produk bisnis Anda.

  1. Membuat Iklan

sumber : pexels.com/ Shiny diamond

Salah satu cara membranding produk agar dikenal oleh masyarakat luas yaitu dengan menggunakan iklan. Membuat dan memasang iklan untuk perusahaan besar tentu menjadi hal yang mudah. Namun untuk UKM atau perusahan skala kecil tentu bisa menjadi beban sebab biaya pemasarannya yang cukup besar. Namun tak perlu khawatir, sebab kemajuan teknologi saat ini mampu memudahkan pemasaran produk Anda salah satunya dengan menggunakan iklan digital. Iklan digital memiliki harga yang lebih murah bahkan gratis. Iklan digital dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan sosial media, asalkan Anda beriklan secara disiplin dan teratur. Pastikan juga materi iklan yang Anda buat menarik untuk masyarakat. Sosial media menjadi salah satu pangsa pasar yang cukup potensial sebab penggunanya yang terus meningkat bahkan hingga lebih dari 3 miliar manusia.

  1. Mengikuti pameran, bazar atau event lainnya

sumber : pexels.com/ Olenka Sergienko

Selain beriklan secara online, Anda juga perlu mengikuti berbagai event offline seperti bazar, pameran atau lainnya. Pilihlah event yang Anda ikuti sesuai dengan bidang bisnis yang Ada punya. Misalnya saja jika bisnis Anda dibidang kuliner, maka ikutilah festival kuliner. Jika memiliki bisnis di bidang pakaian, maka Anda bisa mengikuti bazar fashion atau lainnya. Dengan begitu, sasaran pemasaran Anda juga lebih tepat. Hiaslah stand yang Anda pakai dengan semenarik mungkin. Begitu juga dengan strategi marketing Anda yang harus menarik agar mengundang perhatian para pengunjung.

  1. Mengambil sudut pandang dari konsumen

sumber : pexels.com/ Chokniti Khongchum

Produk yang Anda jual tentunya berangkat dari kebutuhan yang dicari konsumen. Maka agar konsumen mencari brand produk Anda, ambillah sudut pandang dari konsumen. Pahamilah bagaimana kebutuhan serta keinginan konsumen sehingga menjadikan produk Anda nomer satu. Apalagi jika Anda bisa memberikan pelayanan yang terbaik, maka Anda bisa memenangkan hati konsumen Anda di tengah banyaknya pesaing bisnis. Maka dari itu, ubahkan pandangan Anda dari segi produsen sentris menjadi sudut pandang konsumen sentris. Seperti yang disebutkan oleh Aberdeen Grup Bisnis, bahwa bisnisĀ  yang memberikan layanan sosial mempunyai pertumbuhan bisnis yang lebih baik dna besar dibandingkan dengan bisnis yang tidak menerapkan layanan sosial.

sumber : pexels.com/ Gabriel Freytez

Proses branding memang bukanlah proses yang instan. Namun jika Anda dapat emlakukannya maka akan berdampak besar pada bisnis yang Anda geluti. Diman produk maupun bisnis Anda akan lebih dikenal oleh masyarakat luas dan jadi lebih sukses. Selain itu pastikan juga pengelolaan keuangan Anda tetap baik sehingga bisnis berjalan dengan baik.

loading...
Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp