Address
Gedung Garden Avenue Rasuna Lantai 1
Jl.Epicentrum Tengah No.3 Rasuna Epicentrum Karet Kuningan Setiabudi Jakarta Selatan 12940
Phone
+62 21 5989 2328
Address
Gedung Garden Avenue Rasuna Lantai 1
Jl.Epicentrum Tengah No.3 Rasuna Epicentrum Karet Kuningan Setiabudi Jakarta Selatan 12940
Phone
+62 21 5989 2328
Secara fisik dan psikologis Branding dapat mengubah persepsi sensorik seseorang terhadap suatu pembelian produk. Di era globalisasi saat ini Branding menjadi hal yang penting dibangun oleh sebuah bisnis sejalan dengan persaingan bisnis yang semakin ketat. Brand menjadi suatu identitas diri yang dapat membedakan produk yang satu dengan yang lain baik dari segi manusia, produk, maupun tempat.
Istilah brand pertama kali dipergunakan pada abad ke-19 oleh orang-orang Inggris. Branding berkaitan dengan hal-hal yang kasat mata dari sebuah merek mulai dari nama dagang, logo, ciri visual, citra, kredibilitas, karakter, kesan, persepsi, dan anggapan yang ada di benak konsumen perusahaan. Artinya Branding bukan hanya sekedar merek atau nama dagang dari sebuah produk, jasa, atau perusahaan (Landa, 2006).
Branding menjadi hal yang penting dalam suatu perusahaan agar dapat membangun dan membesarkan brand. Namun Saat ini Branding tidak hanya sebatas merek atau produk yang diperkenalkan agar dikenal oleh masyarakat secara keseluruhan tetapi juga bertujuan membuat persepsi masyarakat untuk menilai bahwa perusahaan mereka merupakan yang terbaik.
Dalam membuat suatu brand, menggunakan jasa konsultan branding merupakan solusi yang efektif untuk menciptakan brand awareness yang tepat dan kuat. Brand awareness menjadi faktor utama yang mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk karena konsumen akan membeli produk dari merek yang dikenali. Dalam proses branding harus dilakukan secara optimal karena akan sangat berpengaruh terhadap persepsi publik, dimana pada bidang marketing persepsi publik memiliki peranan penting yang nantinya akan berpengaruh terhadap penjualan.
Proses branding yang dilakukan secara optimal akan dapat meningkatkan awareness perusahaan yang akan ditingkatkan lagi agar menjadi pelanggan tetap sehingga akan mengoptimalkan penjualan. Agar proses branding dapat dilakukan secara optimal, diperlukan sumber daya yang professional yaitu konsultan branding. Penggunaan jasa konsultan branding cukup efektif karena dapat melakukan pengamatan bagaimana sebuah brand dapat berkembang, diterima, serta menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.
Maju atau tidaknya sebuah bisnis pada suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh proses branding yang dikenalkan kepada masyarakat selaku konsumen. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dan memuaskan digunakan jasa konsultan branding yang memiliki beberapa tugas.
Proses branding yang dilakukan oleh konsultan branding dilakukan secara hati-hati dan tidak dilakukan secara asal. Jasa konsultan brand akan melakukan riset analisa strategi didasarkan pada pertimbangan tertentu yang menjadi langkah awal. Konsultan branding akan melakukan riset berdasarkan produk pesaing untuk membandingkan karakteristik, ciri khas, serta kelebihan dan kekurangan produk sebagai bahan untuk menyusun strategi.
Riset pasar yang dituju untuk suatu produk akan dianalisis oleh konsultan branding agar didapatkan target pasar yang sesuai dengan brand. Mulai dari nama merk, tampilan produk, logo, serta cara pemasaran produk harus sesuai dengan riset pasar.
Konsultan branding akan melakukan pengelolaan produk, perusahaan, merek, dan jasa. Pengelolaan ini akan dilakukan sampai brand atau produk dikenal oleh masyarakat.
Branding memiliki proses yang rumit tetapi branding sendiri memiliki peranan yang sangat vital untuk mengenalkan brand kepada masyarakat sehingga dapat mengoptimalkan penjualan pada perusahaan. Maka disinilah peran konsultan branding dibutuhkan sebagai solusi yang efektif untuk menciptakan brand awareness perusahaan.