Berbicara mengenai brand bukan hanya membahas tentang kemasan yang bagus dan menarik. Secara khusus merek memiliki dua peran penting untuk sebuah produk. Pertama, sebagai identitas. Khalayak sekarang ini tidak perlu menanyakan lagi maksut huruf  “W” pada aplikasi smartphone. Semua sudah tahu bahwa huruf itu lambang dari WhatsApp. Hal ini menjadi satu contoh nyata dari brand equity sebagai ciri khas (identitas).

Kedua, sebagai pengendali pasar. Tahukah Anda kenapa orang selalu mencari gudeg saat berkunjung ke Jogja? Padahal masih banyak kuliner lain yang tidak kalah enak. Contoh lain, ketika Anda mengunjungi Garut, dodol menjadi target utama untuk didapatkan. Seperti itulah brand equity akan mengendalikan pasar. Konsumen akan mencari produk, bukan produk yang mencari konsumen.

Dari sini, konsumen akan menaruh kepercayaan dan mereka akan mengetahui kualitas produk dari brand yang ditampilkan. Bukankah alasan-alasan itu sudah menunjukan seberapa penting merek untuk dunia bisnis? Sudah sewajarnya, jika kemudian sebagai seorang pelaku bisnis mulai belajar cara membangun serta menaikan  brand itu sendiri. Untuk lebih semangat menentukannya berikut beberapa keuntungan dari memperkuat brand.

Loyalitas dari Konsumen

Tahukan Anda kenapa produk Samsung sangat digemari konsumen, padahal jika dilihat pasar menyedikan berbagai jenis smartphone yang tidak kalah canggih? Karena produk yang mereka tawarkan sudah mendapat kepercayaan dari user. Kesimpulannya, ketika pebisnis berhasil membangun brand dengan baik dan kuat akan menahan bisnis dari ketatnya persaingan. Konsumen potensial tetap akan terus berdatangan.

Bisa Menaikan Harga

Ketika konsumen berada pada tahap loyal. Apapun yang akan bisnis lakukan mereka akan mendukung. Misalnya, iPhone mengeluarkan resi terbaru dengan harga tinggi. Percaya atau tidak, user sudah siap membeli bahkan rela ngantri untuk mendapatkan produk itu. Jika, brand mampu melekat kuat dalam benak konsumen berapapun rela mereka beli. Kenapa? Karena mereka percaya.

Mempermudah Membuat Diferensiasi Produk

Keuntungan lain dari brand equity ialah kemudahan perusahaan untuk melakukan diferensiasi produk. Hal ini menghasilkan banyak manfaat salah satunya untuk memenangkan persaingan bisnis antar kompetitor. Mengapa bisa seperti itu? jawabannya tidak lain karena produk sudah mendapat trust dari konsumen. Konsekuensi dalam mendapatkan semuanya Anda harus terus meningkatkan kreativitas. Bagaimanapun gagasan unik menjadi modal dasar yang bernilai mahal.

Lalu, apa lagi yang Anda tunggu? Tidak ada salahnya mencoba, karena hasil tidak akan mengkhianati sang proses. Brand equity akan bergerak maju ketika pelaku yang menjalankannya terus mengusahakan yang terbaik. Persaingan bisnis semakin ketat, usaha yang tidak mengimbangi akan terganti dengan bisnis lain yang lebih berkualitas. Selamat berjuang dan semoga bermanfaat.

Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp