sumber : pexels.com/ minervastudio

Membangun bisnis merupakan sebuah pertaruhan yang cukup menegangkan apabila anda membangun bisnis anda bermodalkan dengkul anda sendiri. Namun dengan resiko yang bisa membuat jantung anda setiap saat ini, banyak pula keuntungan yang bisa anda raih dari membangun bisnis seorang diri. Tak mudah memang dan jarang pula dilakukan oleh para pebisnis, namun dewasa ini semakin tingginya tren berwirausaha membuat kegiatan membangun solo bisnis ini menjadi lebih umum. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari membangun bisnis tanpa partner.

Fleksibel

sumber : pexels.com/ Andrea Piacquadio

Fleksibel dalam artian anda bisa mengkonsep dan mengeksekusi bisnis anda sesuka hati anda. Anda bisa melakukan inovasi tanpa batas sesuai dengan imajinasi anda. Tanpa adanya partner bagi sebagian orang memang dapat mengurangi sumber inovasi, namun bagi orang dengan kreativitas tinggi tanpa partner bukan berarti anda tidak bisa berinovasi.

Melatih Kemandirian

Poin yang satu ini sudah pasti anda dapatkan ketika anda membuka sebuah bisnis tanpa partner. Akan ada banyak sekali pengalaman yang bisa anda dapatkan dari membuka sebuah bisnis itu sendiri, namun untuk menjalankan sebuah bisnis seorang diri memang membutuhkan tekad dan keberanian yang kuat. Memang ada kekurangan dalam mengelola bisnis seorang diri misalnya dari segi koneksi, namun dengan adanya kekurangan ini justru akan membuat anda untuk terus bergerak dan mencari celah untuk menyelesaikan segala permasalahan.

Lebih Personal

sumber : pexels.com/ Andrea Piacquadio

Bayangkan anda membangun sebuah bisnis dengan keringat dan darah anda sendiri, tentunya akan ada kepuasan tersendiri saat anda melihat bisnis anda berkembang seperti anda melihat perkembangan anak anda sendiri. Ketika anda merasakan sebuah chemistry tersendiri dari bisnis yang anda bangun tentunya anda akan lebih bersemangat dan mati-matian untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnis anda untuk menjadi lebih maju. Tak hanya melulu mengejar profit namun bisnis yang sudah anda anggap seperti anak sendiri akan menjadi motivasi penting dalam hidup anda.

Menjadi Bos Dari Bisnis Anda

Menjadi bos tidak melulu harus memiliki anak buah dalam bisnis, dengan anda membuka bisnis sendiri tanpa seorang partner anda sudah bisa dikatakan bos dari bisnis anda sendiri. Karena anda bosnya, anda bisa menentukan kapan bekerja dan kapan bersama keluarga tanpa harus takut ada yang memarahi anda. Bukankah ini akan menjadi salah satu poin paling penting yang bisa anda dapat ketika membuka bisnis sendiri jika dibandingkan menjadi pegawai.

Untung Rugi Jadi Milik Anda Sendiri

sumber : pexels.com/ Joshua K Jackson

Tentunya jika anda membuka sebuah usaha hanya bermodalkan sepasang dengkul anda, tidak akan ada orang yang mau meminta bagi hasil dengan anda. Jerih payah anda, keringat dan darah anda tentunya semua keuntungan yang anda raih dari bisnis anda menjadi milik anda semata. Namun apabila rugi, setidaknya anda tidak menyeret orang lain dalam kerugian.

Melatih Insting Bisnis

sumber : pexels.com/ Negative Space

Pada poin sebelumnya disebutkan bahwa jika bisnis anda rugi, sudah pasti rugi tersebut anda tanggung sendiri dan tidak ada orang yang bisa menyelamatkan anda. Dengan mindset seperti ini anda akan lebih hati-hati dan bijaksana dalam mengambil setiap langkah bisnis. Ini bahkan bisa merubah sifat asli anda yang dulunya ceroboh menjadi orang yang hati-hati dan teliti. Membangun bisnis sendiri tentunya akan memaksa anda untuk selalu melakukan langkah bijak baik itu riset pasar, peluang kerugian, tingkat persaingan usaha dan lainnya. Anda akan dipaksa untuk menjadi lebih teliti dan hati-hati dengan mindset ini.

Itulah tadi beberapa keuntungan dari membuka bisnis tanpa partner yang bisa anda dapatkan. Masih banyak lagi berbagai keuntungan bisnis yang bisa anda dapatkan jika anda mendirikan bisnis tanpa partner. Segera kalkulasi untung rugi dan potensi pasar di lokasi anda, dan segeralah eksekusi ide bisnis anda. Selain itu anda juga dapat menggunakan jasa konsultan bisnis karena konsultan bisnis akan membantu anda memetakan masalah dan memberikan solusi.

loading...
Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp