Address
Gedung Garden Avenue Rasuna Lantai 1
Jl.Epicentrum Tengah No.3 Rasuna Epicentrum Karet Kuningan Setiabudi Jakarta Selatan 12940
Phone
+62 21 5989 2328
Address
Gedung Garden Avenue Rasuna Lantai 1
Jl.Epicentrum Tengah No.3 Rasuna Epicentrum Karet Kuningan Setiabudi Jakarta Selatan 12940
Phone
+62 21 5989 2328
Riset pasar atau market research adalah kegiatan penelitian dalam bidang pasar dan pemasaran. Bagi orang-orang yang sudah lama memasuki dunia bisnis pasti tidak asing lagi dengan kegiatan penlitian ini.
Riset pasar dikerjakan oleh seseorang yang sudah ahli dan memahami secara mendalam tentang bisnis. Biasanya Jasa Riset Pasar adalah orang yang dipercaya untuk melakukan penelitian tersebut.
Apabila kamu adalah orang yang baru pertama kali terjun dalam dunia bisnis, maka ketahuilah seputar riset pasar berikut ini.
Riset pasar primer adalah penelitian yang analisisnya menggunakan obyek sebagai pengumpulan data atau informasinya. Obyek tersebut adalah pihak ketiga dalam proses pasar pemasaran produk.
Informasi yang diperoleh dari riset pasar primer berupa tanggapan atau penilaian dari konsumen produk yang dijual perusahaan.
Riset pasar primer mengumpulakn data dan informasi dengan menggabungkan dua metode. Metode tersebut adalah kualitatif dan kuantitatif.
Beberapa metode yang digunakan saat pengumpulan data riset pasr primer :
Riset pasar sekunder memiliki kemiripan dengan riset pasar primer dalam pengumpulan data menggunakan obyek. Namun, dalam riset pasar sekunder informasi atau data yang diperoleh sudah dikelola oleh pihak lain.
Pihak-pihak yang dijadikan sumber informasi umuny adalah lembaga pemerintah, badan survei, media, dan publikasi.
Cara ini banyak dipilih oleh Jasa Market Research karena tidak memakan banyak waktu seperti riset pasar primer. Data riset pasar sekunder meliputi, majalah, buku, artikel, surat kabar, situs website, dan lain sebagainya.
Metode riset dengan kualitatif bersifat deskriptif dan analisis. Dalam metode ini, penelitian memberikan kajian yang mendalam terhadap suatu rumusan masalah.
Riset pasar dengan metode kualitatif akan memberikan penjelasan terkait permasalahan yang akan dianlisis. Penjelasannya pun dilakukan secara rinci dan informasinya tidak bisa diukur dengan angka.
Berbeda dengan kualitatif, metode kuantitatif adalah penelitian yang sistematis dan di dalamnya menggunakan banyak angka. Penelitian dengan metode kuantitatif diamul dari permasalahan yang luas kemudian mengecil menjadi data yang valid.
Pengumpulan data dengan metode kualitatif akan dilakukan dengancara kuesioner, survei, atau polling. Tujuan dari cara-cara tersebut adalah untuk mendapatkan data yang valid dari banyaknya orang yang menjadi obyek penelitian.
Itulah beberapa jenis- jenis riset pasar yang dapat kamu pilih apabila akan melakukan penelitian terhadap pasar. Semua jenis riset pasar yang tertera pada penjelasan tersebut masing-masing memiliki kelemah dan kelebihan. Pastikan metode yang kamu pilih adalah sesuai dengan penelitian yang kamu jalankan.