Kebanyakan pelaku bisnis pasti sudah mengenal istilah digital marketing untuk memperluas pemasaran online, namun untuk sukses melakukan digital marketing bukanlah perkara mudah. Secara biaya, digital marketing menjadi cara pemasaran yang lebih murah dan hal ini menjadi pertimbangan penting para pebisnis. Setidaknya ada beberapa jenis digital marketing yang perlu diketahui, sebelum terjun ke dunia online.

Jenis Digital Marketing yang Perlu Diketahui

1. Content Marketing

Content Marketing adalah jenis digital marketing yang bertugas melakukan pembuatan konten yang tertarget untuk para konsumen. Content Marketing harus bisa menghasilkan konten yang relevan dan konsisten. Membuat konten yang banyak dicari oleh calon konsumen, akan membuat bisnis anda lebih cepat populer dan menghasilkan penjualan yang besar.

2. Instant Messaging Marketing

Instant Messaging Marketing merupakan salah satu jenis digital marketing yang sedang banyak dipakai oleh para pebisnis. Aplikasi instant messaging yang paling populer seperti Line, Facebook Mesengger dan Whatsapp. Apabila anda ingin memasarkan produk ke orang-orang yang anda kenal, maka anda bisa memilih cara pemasaran instant messaging.

3. Social Media Marketing

Sosial media merupakan cara pemasaran produk yang sangat simpel, karena anda bisa langsung upload produk di postingan. Sosial media yang sedang populer seperti Facebook dan Instagram. Sosial media marketing bisa dijalankan dengan modal yang sangat minim, namun bisa efektif saat dijalankan dengan tahapan yang benar.

4. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah pola pemasaran yang sangat mengandalkan kerjasama antara pemilik bisnis dengan bisnis lain dan para influencer. Kolaborasi yang dilakukan bisa dengan cara pembuatan konten website, konten media sosial dan sebagainya. Untuk bisa menjalankan affiliate marketing, maka anda harus menyiapkan modal tertentu.

5. Email Marketing

Email Marketing merupakan cara pemasaran yang banyak dilakukan oleh para pebisnis online profesional. Email marketing akan membuat anda memberikan berbagai informasi menarik untuk para pelanggan mulai dari penawaran promo produk terbaru sampai dengan potongan diskon yang diberlakukan. Email marketing akan lebih efektif untuk dikirimkan secara konsisten.

6. Pay Per Click

Pay per click atau PPC merupakan layanan jasa iklan yang diberikan oleh pihak mesin pencari seperti google. Cara iklan berbayar ini bisa dilakukan untuk mempromosikan sebuah website, agar semakin banyak pengunjungnya dan bisa muncul di jajaran paling atas mesin pencari. Dengan cara ini, maka bisnis yang anda jalankan bisa berkembang dengan cepat.

7. Search Engine Optimization

Search Engine Optimization atau SEO merupakan cara yang dilakukan untuk menghadirkan website di jajaran atas mesin pencari, supaya bisa menghadirkan banyak pengunjung. SEO bisa dijalankan secara gratis, sedangkan PPC bisa dijalankan dengan berbayar. Website bisnis anda yang memakai teknik SEO yang benar, akan sangat menunjang bagi perkembangan bisnis.

Itulah sajian singkat mengenai jenis digital marketing yang perlu diketahui dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp