Politik memiliki ranah pembahasan yang luas dan tidak terjangkau. Cakupan ini yang membuat para ahli mendefinisikan banyak hal mengenainya. Politik bukan sekedar ilmu yang digunakan untuk mendapatkan kekuasaan dan prestise (pengakuan sosial) dari orang lain ataupun masyarakat. Melainkan sebuah bidang ilmu pengetahuan yang mendalami karakter manusia lain sekaligus menjadi jembatan untuk publik hidup nyaman dalam suatu negara.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan politik semakin santer dibicarakan. Kebebasan pendapat menjadi salah satu faktor yang mendorong munculnya berbagai partai politik. Tidak heran ketika kemudian banyak orang yang berdatangan untuk mempelajari dan berkecimpung didalamnya. Sebuah pendapat mengatakan bahwa politik termasuk kajian ilmu yang digunakan untuk memerintah orang lain melakukan apa yang mereka inginkan.

Di Indonesia sendiri pergerakan politik begitu pesat. Kondisi ini bisa dilihat dari semakin maraknya partai politik. Hampir semua parpol memiliki tujuan yang mulia untuk negara. Hal tersebut bisa tergambar dari visi misi yang mereka orasikan pada publik. Terdengar tegas, lantang, dan meyakinkan untuk meraih dukungan masyarakat. Sayangnya, publik tidak membutuhkan kelantangan bicara. Publik membutuhkan bukti yang membuat hidup mereka jauh lebih baik.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi disinyalir akan merombak wajah perpolitikan. Seperti yang dikatakan presiden Jokowi Generasi Y disebut-sebut sebagai penerus politik yang akan melakukan perubahan. Berikut beberapa penerapan teori politik dari masa ke masa.

Teori Politik Klasik

Peta politik 5 tahun kedepan bermula dari teori politik klasik yang digawangi oleh para filsuf. Salah satu tokoknya adalah Socrates. Dalam teori ini filsuf tersebut mengupayakan dirinya untuk selalu adil, berbudi, dan jujur terhadap rakyat. Menurutnya, suatu kondisi yang membuat masyarakat yang memiliki pengetahuan luas akan membuat mereka tumbuh menjadi manusia yang rasional. Teori ini diteruskan oleh tokoh lain, mereka membawa pandangan masing-masing mengenai politik.

Teori Politik Modern

Semakin berkembang wawasan akan mengiringi kemajuan nalar. Begitupun dengan politik. Teori politik modern diusung oleh tokok-tokoh yang juga berpengaruh. Thomas Hobbes yang mengusung keinginannya yang berlebih dalam mendapatkan kenikmatan dunia. Filsuf yang satu ini juga sering dijuluki sebagai politikus yang materialistis. Kenyataan ini terlihat dalam era sekarang.

Teori Kekuasaan Rakyat

Pengembangan ini terbentuk dari pendapat Rousseau yang menyatakan bahwa rakyat memiliki kekuatan dalam menguasai negara. Hal ini yang kemudian berakibat memunculkan badan legislatif, dimana rakyat memegang kendali penuh atas perundang-undangan. Kemudian masyarakat kenal dengan istilah trias politika.

Teori ini semakin berkembang, pada teori kedaulatan rakyat, teori demokrasi, dan teori lainnya. Peta politik 5 tahun kedepan berada di tangan anak muda sekarang ini. Perkembangan teknologi yang semakin canggih akan memberi dampak yang luar biasa untuk kemajuan negara.

loading...
Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp