sumber : pexels.com/ Anna Shvets

Ketika membangunan sebuah bisnis, tujuan utamanya pasti menginginkan keuntungan yang besar. Walaupun ada sebagian orang memulai bisnis untuk menjalankan passionnya, seperti membuka kafe atau warung kopi karena dia memang suka nongkrong di warung kopi. Akan tetapi tidak dapat dipungkiri, kalau mendapatkan keuntungan tetap menjadi prioritas penting. Tanpa adanya profit (keuntungan) bisnis yang Anda jalankan tidak akan kemana-mana, hanya stagnan disitu-situ saja.

Berbagai cara dilakukan untuk memperoleh keuntungan yang tinggi. Hal dasar yang biasanya dilakukan untuk memperoleh keuntungan yang besar adalah dengan menawarkan harga jual produk yang tinggi juga. Cara tersebut memang dengan mudah meningkatkan keuntungan. Akan tetapi tidak akan bertahan lama. Sebab, konsumen akan mempertimbangkan untuk membeli kembali, karena harga yang Anda tawarkan sangat mahal. Dan lebih memilih untuk mencari toko lain dengan harga jual yang lebih murah.

Omset yang Besar untuk Meningkatkan Provit

sumber : pexels.com/ Olenka Sergienko

Cara lain yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan provit adalah dengan meningkatkan juga omset penjualan produk bisnis Anda. Sebab, ketika omset penjualan tinggi, uang yang Anda terima dari penjualan juga akan semakin tinggi. Karena omset dapat diperoleh dari jumlah penjualan produk dikali dengan harga produk. Semakin tinggi angka penjualan, omset juga akan semakin tinggi dan hasilnya keuntungan juga tinggi juga, walaupun harga produk standar.

Untuk lebih jelasnya mengenai omset. Omset merupakan total uang yang Anda dapatkan dari hasil seluruh penjualan produk maupun jasa pada kurun waktu tertentu. Total pendapatan tersebut masih berupa laba kotor yang Anda peroleh sebelum dikurangi biaya produksi dan biaya-biaya lainnya. Sedangkan provit (keuntungan) merupakan uang yang tersisa dari total biaya pendapatan yang diperoleh dikurangi dengan total biaya produksi. Sehingga akan diperoleh laba bersih bisa digunakan untuk keperluan pengembangan bisnis dan lain-lain.

Cara Mudah Meningkatkan Omset Penjualan Online

sumber : pexels.com/ bongkarn thanyakij

Ketika bisnis yang Anda jalankan, hanya menghasilkan omset yang segitu-gitu saja. Ada kemungkinan ada sektor yang belum Anda maksimalkan. Dan memaksimalkan semua sektor yang ada, pastinya akan membuat omset penjualan bisnis online Anda akan meningkat. Jika ditanya, apakah semua orang yang menjalankan bisnis online dapat menghasilkan omset yang besar. Jawabannya, sudah pasti tidak. Sebab, hanya orang yang menjalankan bisnis online dengan sungguh-sungguh dan mengerti trik untuk berjualan secara online dengan tepat dapat memperoleh omset yang besar.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan omset penjualan bisnis online Anda.

sumber : pexels.com/ Cottonbro

  1. Perkuat Brand produk Anda

Berdasarkan survei yang pernah dilakukan oleh Neilsen, bahwa 60 persen konsumen melakukan pembelian secara online produk yang mempunyai brand yang sudah terkenal. Tanpa adanya brand, persaingan bisnis akan semakin ketat. Terutama dalam persaingan harga. Berbeda ketika brand Anda sudah kuat. Konsumen tidak hanya melihat harga saja, tetapi juga kualitas produk dan juga pelayanan yang Anda berikan. Untuk membangun brand, Anda dapat membuat ciri khas brand Anda dan juga meningkatkan kualitas produk.

  1. Riset produk dan segmentasi pasar

Sebelum memulai penjualan produk, pastikan terlebih dahulu target pasar yang menjadi sasaran Anda. Sebab tanpa adanya riset, Anda tidak akan mengetahui produk apa yang disukai atau dibutuhkan oleh konsumen. Dengan melakukan riset terlebih dahulu, akan memudahkan Anda dalam melakukan pendekatan kepada konsumen, terlebih lagi, produk yang Anda tawarkan memang dibutuhkan dan disukai oleh target konsumen Anda. Cara mudah untuk melakukan riset produk adalah dengan melihat trend yang ada pada calon konsumen, melalui Google Trends atau Ubersuggest.io.

  1. Digital Marketing

sumber : pexels.com/ Andrean Piacquadio

Tujuan dari digital marketing adalah untuk meningkatkan traffic. Trafiic merupakan istilah yang digunakan untuk jumlah kunjungan pada website. Jika ditanya apa hubungannya traffic dengan omset penjualan. Jawabannya mudah, sebab penjualan produk tidak mungkin terjadi tanpa adanya traffic pada website. Walaupun tidak semua yang mengunjungi website Anda melakukan pembelian, namun ketika traffic tinggi kemungkinan omset penjualan juga akan tinggi. Beriktu ini cara paling mudah untuk mendapatkan traffic yang tinggi. Menerapkan SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing) dan juga SMM (Social Media Marketing).

  1. Pelayanan terbaik

Salah satu cara untuk meningkatkan omset penjualan adalah memberikan pelayanan yang baik. Sebab memberikan pelayanan yang terbaik akan membuat konsumen merasa dihormati. Selain itu ketika konsumen suka dengan pelayanan yang Anda berikan. Besar kemungkinan, konsumen tersebut akan menjadi pelanggan setia bisnis yang Anda jalankan, dan kemungkinan lainnya adalah bisnis Anda akan dipromosikan dengan sukarela kepada teman-teman konsumen tersebut.

  1. Strategi Bundling

Stragegi yang bagus untuk meningkatkan omset penjualan adalah dengan menerapkan bundling untuk produk yang jarang diminati oleh konsumen. Tentunya dengan penawaran harga yang lebih rendah dari harga normal produk. Selain itu Anda juga bisa menawarkan diskon untuk pembelian beberapa produk.

Sebenarnya masih banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan omset penjualan bisnis online. Namun hal wajib yang harus Anda lakukan adalah melakukan pemasaran pada sosial media. Sebab sosial media menjadi media pemasaran yang paling efektif, karena digunakan oleh semua orang.

loading...
Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp