sumber : pexels.com/ Kaboompics

Semakin maraknya bisnis kecil atau rumahan yang saat ini sedang digemari oleh masyarakat indonesia tak jarang membuat para calon pengusaha merasa kewalahan untuk bersaing dengan ide-ide yang setiap hari bermunculan. Namun jangan sampai dengan maraknya bisnis kecil yang merebak di indonesia ini justru membuat anda patah arang, sebaliknya manfaatkan momen ini untuk mencari ide bisnis yang cocok untuk anda aplikasikan di tempat anda.

  • Tiru Ide Dari Daerah Lain

sumber : pexels.com/ Andrea Piacquadio

Ide tidak bisa anda suruh datang begitu saja, untuk mengakali keringnya ide ini anda bisa bersantai dan jalan-jalan keluar kota. Dengan cara ini anda bisa melihat bisnis kecil dari kota lain dan anda jadikan inspirasi untuk anda terapkan di kota anda. Hal seperti ini sangat lumrah dilakukan terutama dalam industri kuliner.

Yang membuat poin ini sangat direkomendasikan adalah karena sangat jarang sekali industri makanan kecil dan rumahan di indonesia dipatenkan, sehingga siapapun orang yang memiliki kemampuan untuk meniru resep atau cara membuat sebuah hidangan kuliner, maka tidak ada yang bisa menuntut mereka. Win-win situation yang anda persaingkan adalah rasa dan pelayanan.

  • Ikuti Perkembangan Tren

sumber : pexels.com/ Startup stock photos

Tak perlu muluk-muluk dan memaksakan otak anda untuk berkreasi hingga pusing, tunggulah tren yang tiap tahun pasti muncul menjadi tren musiman. Mengikuti tren musiman ini memang jarang sekali bisa dijadikan ide bisnis jangka panjang, namun bagi anda yang ingin bisnis yang cepat menghasilkan uang dalam waktu singkat sebaiknya anda ikuti tren ini.

Sebagai contoh pernahkah anda ingat makanan tahu bulat atau seblak, makanan yang dikreasikan oleh mojang bandung ini seketika menjadi tren yang begitu dahsyatnya menginvasi masyarakat indonesia. Lihat saja, setelah kuliner seblak dan tahu bulat ini booming ada berapa puluh pedagang yang menjajakan tahu bulat di kota anda. Dan setelah beberapa bulan jumlah penjual tahu bulat ini menurun drastis, inilah tren musiman yang sering terjadi di indonesia dan anda bisa melakukan ini tiap tahunnya.

Jika anda ingin mengubah kuliner musiman ini menjadi investasi jangka panjang maka yang anda lakukan sudah sangat jelas, jaga kualitas produk yang anda jual. Hanya segelintir pedagang yang bertahan saat tren sudah mulai memudar karena produk yang mereka jual terbukti ampuh menggaet konsumen.

  • Sering Melamun

sumber : pexels.com/ Start up stock photos

Jika anda sangat serius untuk mencari ide bisnis sudah pasti anda akan melakukan riset, melakukan riset saja seringkali membuat otak anda lelah. Ketika anda sudah melakukan riset produk terhadap potensi pasar, sering-seringlah melamun karena dengan melamun terkadang sebuah ide unik bisa muncul di benak anda.

sumber : pexels.com/ Burak K

Tidak ada yang tahu kapan sebuah ide akan datang dan pergi, maka setiap kali ada ide yang terbersit walaupun itu kedengarannya sangat bodoh dan sepele, segera catat dalam sebuah jurnal atau rekam dengan cara apapun. Jangan sampai ide yang datang tadi menguap begitu saja. Karena pada dasarnya mengaplikasikan ide yang datang secara alami akan membawa anda pada sebuah keunikan bisnis tersendiri yang jarang sekali bisa sama dengan ide milik orang lain.

Itulah tadi beberapa cara yang paling mudah untuk menemukan ide bisnis yang bisa anda lakukan jika anda sangat kebingungan dengan ide usaha yang ingin anda buat. Meskipun poin-poin di atas terlihat sangat bodoh, namun jika anda melakukan riset mendalam mengenai sejarah sebuah bisnis yang besar. Mayoritas bersinggungan dengan poin yang telah dijabarkan di artikel ini. Terimakasih semoga anda pembaca segera menemukan ide bisnis yang anda idamkan.

loading...
Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp