sumber : pexels.com/ Kevinku

Brand development merupakan langkah yang cukup rumit jika harus dilakukan sendiri. Oleh karena itu saat ini banyak pihak yang membuka Jasa Brand Development untuk anda. Bagi anda yang belum tahu mengenai brand development namun ingin mencoba menggunakan jasa mereka, tentunya anda tidak ingin membeli kucing dalam karung bukan. Berikut ini merupakan cara jasa brand development bekerja.

Mendefinisikan Brand Anda

Brand development akan bekerjasama dengan usaha yang anda miliki untuk mendefinisikan brand yang anda pasarkan kepada para konsumen. Ini adalah langkah pertama yang dilakukan dari tim brand development untuk mencoba menyesuaikan strategi apa yang cocok dengan brand yang anda miliki dan target pasar yang anda inginkan.

Mengidentifikasi Target Audiens

sumber : pexels.com/ cottonbro

Setelah tim dari brand development memahami bisnis dan brand yang ingin anda pasarkan, maka yang dilakukan selanjutnya adalah mengidentifikasi target audiens sesuai keinginan anda. Dengan melakukan identifikasi target audiens akan didapatkan beberapa data penting seperti pola konsumsi, tren, kondisi sosial dan juga daya beli. Dengan diperolehnya data ini maka brand development akan menyusun strategi branding dan marketing yang cocok untuk brand yang anda pasarkan agar dapat meningkatkan daya tarik terhadap konsumen.

Brand Positioning

sumber : pexels.com/ Cristina Morillo

Pada tahap ini tim Jasa Brand Development akan membantu anda dan perusahaan anda untuk memposisikan brand yang anda pasarkan di tengah persaingan pasar. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan statement yang membedakan brand perusahaan anda dengan brand perusahaan lain. Hal ini juga berguna untuk menarik konsumen untuk memilih brand milik anda dibandingkan dengan brand kompetitor.

Yang harus dipahami ketika melakukan brand positioning adalah statement yang anda buat harus rasional dan sesuai dengan keadaan brand anda, namun anda juga harus menyisipkan sebuah aspirasi yang membuat brand anda patut diperjuangkan. Saat mengeluarkan statement brand positioning ini anda tidak boleh memberikan harapan palsu kepada konsumen anda karena sudah pasti akan merusak citra dari perusahaan anda.

Mengembangkan Nama, Logo, Dan Tagline Unik Untuk Brand Anda

sumber : pexels.com/ Tim Gouw

Fase ini merupakan fase terberat yang akan dirasakan oleh brand development, selain karena banyaknya target yang harus dipenuhi, fase ini merupakan fase penentuan yang bisa mendatangkan kesuksesan atau sebaliknya. Pada fase ini brand yang akan anda pasarkan akan diberi ciri khas agar bisa dibedakan dengan brand kompetitor. Hal ini dilakukan untuk menghindari konsumen salah memilih produk yang seharusnya merupakan brand anda dengan brand kompetitor.

Pada fase ini pula sebuah brand harus bisa diingat dan menjadi ciri khusus dari jenis barang yang anda pasarkan. Sebagai contoh adalah brand lampu philip, produk ini memiliki tagline unik yakni philip terus terang, terang terus. Dengan adanya tagline unik ini maka konsumen akan digiring dari alam bawah sadar mereka ketika menyebutkan produk lampu, maka brand pertama yang muncul di kepala mereka adalah produk lampu philip.

Penerapan Dan Penyesuaian

Saat fase pengembangan nama, logo dan tagline sudah dirasa berhasil maka saatnya untuk penerapan pada brand yang akan anda pasarkan. Ketika dalam riset pemasaran ternyata hasil dari pengembangan nama, logo dan tagline dari produk yang anda pasarkan diramalkan kurang berhasil, maka harus dilakukan penyesuaian ulang agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah tadi cara Jasa Brand Development bekerja untuk membentuk sebuah brand dari perusahaan anda agar bisa diterima dan menjadi topik utama di tengah masyarakat. Tidak mudah memang menciptakan sebuah brand yang sempurna, oleh karena itu kegagalan bisa saja anda alami ketika mengembangkan sebuah brand. Tetap teliti dan bijaksana sebelum mengeksekusi sebuah strategi bisnis agar bisnis anda tetap bisa bertahan dan meraih keuntungan seefisien mungkin.

loading...