Jasa pembukuan merupakan salah satu jasa yang profesional dalam mencatat transaksi keuangan, ini merupakan bagian dari proses akuntansi di bisnis maupun organisasi dan melibatkan persiapan dokumen sumber.

Sumber tersebut meliputi semua transaksi, operasi, dan kegiatan bisnis lainnya dengan transaksi meliputi pembelian, penjualan, penerimaan dan pembayaran oleh individu atau organisasi atau perusahaan.

Ada Sistem Entri Tunggal (single-entry bookkeeping)

Catatan utama dalam metode ini adalah buku kas, yang mirip dengan register giro. efisien dan menghindari kesalahan perhitungan manual, maka pembukuan sistem ini bisa dilakukan dengan aplikasi (software) pembukuan do-it-yourself.

Ada Sistem Entri Ganda (double-entry bookkeeping)

Metode ini lebih ke seperangkat aturan dalam mencatat informasi keuangan di akuntansi. Setiap transaksi setidaknya bisa mengubah dua akun buku besar dengan nominal yang berbeda. Untuk bisnis kecil, bisa menggunakan bookkeeping (pemegang pembukuan) dengan tugas yang mudah.

Biaya Jasa Pembukuan Dasar

Pembukuan dasar merupakan kebutuhan para perusahaan, hampir semua. Pada proses ini, perusahaan harus memutuskan melakukan pembukuan secara mandiri atau melalui outsourcing. Jika menggunakan jasa pembukuan maka tentukan juga jangka waktu bekerjanya.

Apakah paruh waktu, penuh waktu, dan biaya penuh?. Semua tergantung pada kebutuhan perusahaan. Jika mengambil keputusan untuk memakai outsourcing, maka ada beberapa cara untuk melakukannya. Jadi lebih efektif dan efisien.

Untuk tarif per jam biasanya sekitar 20-50 ribu per jam tergantung pada deskripsi pekerjaan dan lokasi. Untuk pekerja bookkeeping yang bekerja penuh waktu gaji disesuaikan dengan jangka waktu, deskripsi pekerjaan, dan lokasi.

Untuk pekerja pembukuan dari outsourcing sekitar 5-10 juta rupiah tergantung pada jumlah transaksi dan kompleksitas layanan yang diperlukan. Perusahaan bisa melakukan outsourcing akuntansi manajemen yang lebih canggih.

Jenis Pembukuan Terbaik yang Bisa Dipilih Perusahaan

Kantor jasa akuntansi bisa menjadi departemen pembukuan tingkat lanjut dan bisa digunakan untuk perusahaan. Dalam jenis tersebut kantor jasa bisa menyediakan layanan klien yang luar biasa dengan tim bookkeeping yang handal.

Pembukuan tidak boleh disepelehkan dalam usaha apapun. Dengan pembukuan memberikan informasi akurat tentang biaya operasional yang ada di perusahaan. Tahu laporan keuangan sampai laba ruginya. Tidak heran jasa ini menjadi trend bagi kalangan bisnis.

Jasa pembukuan membantu dalam menyederhanakan tugas administrasi keuangan. Jadi perusahaan lebih tenang, dan lebih fokus ke tugas-tugas lain yang bersifat operasional untuk bisnisnya. Dibutuhkan bookkeeping yang praktis dengan menyediakan laporan keuangan secara profesional.

Jasa Pembukuan bisa Perorangan atau Badan (Lembaga)

Jasa pembukuan bisa dari perseorangan atau lembaga maupun badan dengan pekerjaan sesuai kondisi keuangan yang ada. Sekarang ada jasa pembukuan secara online sehingga memudahkan perusahaan maupun bookeeping-nya dalam bekerja.

Tugas Jasa Pembukuan

Berikut ini adalah tugas-tugas dari jasa pembukuan, diantaranya:

1. Membantu Mengendalikan Keuangan Perusahaan

Profesi ini semakin dibutuhkan dibuktikan banyak layanan jasa yang tersedia secara offline maupun online. Otomatis perusahaan setidaknya menaruh kepercayaan akan jasa ini dan dibutuhkan untuk kelancaran pengelolaan uang di perusahaan.

2. Sebagai Penghubung antara Perusahaan dengan Pihak Ketiga

Iya, jadi selain proses berhitung, ternyata jasa pembukuan juga bisa untuk jembatan antara perusahaan dengan pihak ketiga, misal bisa dilihat dalam stakeholder. Sebagai pihak tengah dalam mengambil keputusan dengan pihak vendor dan pihak lain.

3. Membantu dalam Urusan Perpajakan

Jika proses pembukuan salah dari awal, maka data yang dihasilkan tidak akurat dan dari situ muncullah kesalahan yang berdampak pada urusan perpanjakan. Laporan pajak menjadi salah dan berbahaya. Dengan jasa pembukuan, membuat semuanya lancar dan tepat.

Tidak hanya jasanya saja, sebagai perusahaan yang baik perlu adannya teknologi pendukung akan pembukuan jadi berjalan dengan lancar.

Itulah penjelasan tentang Arti Jasa Pembukuan dan Biaya yang Dikeluarkan. Semoga bermanfaat.

 

Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp