Apa yang pertama kali harus dipikirkan oleh sang pengusaha untuk menawarkan produknya ke pasaran? Ya, apalagi kalau bukan Brand. Brand yang dimaksudkan disini ialah merek dagang yang dipakai atau digunakan pada suatu produk.

Brand seringkali digunakan untuk menjual produk sebab ia akan menjadi simbol yang dipakai oleh masyarakat sebagai konsumen untuk mengenali produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. Sebegitu pentngnya posisi brand, bukan? Oleh sebab itu, perusahaan-perusahaan ternama seringkali berlomba-lomba dalam memperkenalkan brand mereka. Untuk itulah, perlu untuk mengetahui apa saja sih brand strategi itu?

Baiklah, sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai brand strategy itu apa saja, yuk pahami lebih dulu mengenai brand itu sendiri.

Brand atau yang dikenal sebagai merek dagang merupakan sebuah aset yang tidak berwujud bagi perusahaan dimana tidak berbentuk fisik, tetapi memiliki sifat aset jangka panjang. Karena brand atau merek dagang merupakan aset jangka panjang, maka sudah tentu diperlukan pula brand strategi sebagai rencana jangka panjang untuk pengembangan brand yang sukses untuk mencapai tujuan perusahaan.

Lalu, apa saja langkah awal dalam melakukan brand strategy?

  • Mulailah dengan menetapkan tujuan bisnis Anda.
  •  Buatlah beberapa point pertanyaan untuk menentukan langkah berikutnya, seperti ‘Mengapa Anda membuat merek baru? Apa yang ingin Anda capai dengan meluncurkan merek baru? Dan apakah Anda mencoba menjangkau pemirsa baru?’
  • Rangkum semua jawaban atas pertanyaan yang telah Anda list sebelumnya.
  • Take action atas jawaban yang telah Anda rangkum sebelumnya.

Strategi merek yang baik ialah yang mampu mempengaruhi semua aspek bisnis secara keseluruhan dan mampu terhubung secara langsung dengan kebutuhan konsumen, emosi, dan lingkungan yang kompetitif.

Berikut adalah tiga hal yang perlu didefinisikan setiap merek:

  • Apa tujuan merek Anda?
  • Siapa pelanggan anda?
  • Bagaimana merek Anda mendefinisikan kesuksesan jangka panjang?

Mengetahui jawaban untuk setiap pertanyaan di atas, maka akan membantu menentukan apa tujuan Anda seharusnya, bagaimana Anda harus mendekati pelanggan Anda dan bagaimana Anda akan mengukur kesuksesan Anda dalam memenuhi tujuan Anda.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk benar-benar memahami strategi tersebut terlebih dahulu sebelum Anda fokus pada pelaksanaan strategi itu sendiri.  Seperti yang telah dibahas sebelumnya, brand strategi merupakan aset yang tidak berwujud, sehingga brand strategy atau strategi merek terasa sulit untuk didefinisikan.

Meski demikian, brand strategi tetap bisa diuraikan lebih lanjut yakni dengan membuat list serangkaian pertanyaan agar memudahkan pekerjaan Anda. Selain pertanyaan-pertanyaan sebelumnya, draft pertanyaan dibawah ini juga bisa dimasukkan di dalam list. Pertanyaan-pertanyaan tersebut meliputi:

  • Apa kepanjangan dari merek Anda?
  • Apa yang dijanjikan merek Anda kepada pelanggan?
  • Kepribadian apa yang disampaikan merek Anda melalui pemasarannya?

Jika telah mendapatkan semua jawaban atas sederet daftar pertanyaan yang telah Anda rilis sebelumnya, maka Anda bisa langsung menentukan brand strategi seperti apa yang bisa Anda terapkan pada perusahaan Anda tersebut.

Ingatlah bahwa brand mempunyai kontribusi yang begitu penting bagi jalannya sebuah industri, apapun bentuknya. Brand memiliki berbagai peran, diantaranya yakni :

  • Brand yang sukses dapat menjadi factor penghambat timbulnya brand-brand baru yang mewakili produk-produk dari para competitor sejenis
  • Menjadi pembeda dengan produk lainnya yang sejenis di pasaran
  • Menjadi alat bagi perusahaan agar bisa mencapai nilai ekonomis
  • Meningkatkan angka pelanggan sebab brand mampu mempengaruhi konsumen dengan cepat agar menyadari suatu brand

Yuk, mulai lebih serius dalam menentukan brand strategi produk Anda!

loading...
Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp