Akibat Mengabaikan Jasa Pembuatan Studi Kelayakan dalam Memulai Suatu Bisnis

 

Image : Pixabay

Feasiblity studi atau studi kelayakan adalah hal paling dasar yang harus kamu lakukan sebelum memulai suatu bisnis. Apabila kita memulai suatu bisnis hanya dengan modal dan tekat itu tidak akan cukup.

Dalam mendirikan sebuah bisnis tanpa melakukan perencanaan terlebih dahulu, maka akan berakibat dapat menghadapi kegagalan dikemudian hari karena kurangnya pertimbangan untuk menentukan kelayakan suatu usaha.

Studi kelayakan sendiri memiliki pengertian sebagai analisis menyeluruh tentang suatu bisnis yang akan kita jalankan. Dengan kata lain, studi ini dapat menentukan layak tidaknya sebuah calon bisnis sebelum di jalankan oleh seorang pebisnis.

Dalam melakukan studi ini, pebisnis biasanya menggunakan jasa pembuatan studi kelayakan sebagai konsultan bisnis atau manajer proyek. Studi kelayakan dilakukan dengan meninjau setiap aspek yang terlibat dalam proses bisnis.

 

Diantara aspek pokok yang ditinjau oleh jasa pembuatan studi kelayakan sebagai berikut :

  • Hukum atau Legalitas
  • Pasar dan Pemasaran
  • Lingkungan
  • Teknis (Teknologi)
  • Sumber Daya Manusia
  • Finansial atau Keuangan

 

Baca Juga : 4 Peran Pokok Jasa Studi Kelayakan Bisnis

 

 

Studi kelayakan bisnis dibuat untuk berbagai pihak baik internal maupun eksternal perusahaan. Pada umumnya tujuan dari pembuatan studi ini adalah untuk menghindari kerugian pada perusahaan dikemudian hari dan kegiatan yang diluar rencana.

Namun, bukan itu saja akibat yang akan diperoleh pebisnis jika tidak memakai jasa pembuatan studi kelayakan ini, antara lain adalah  :

 

 

1. Berbagai masalah yang akan menghalangi bisnis kamu dimasa depan tidak dapat teridentifikasi

 

Studi kelayakan ini dibuat untuk memperkirakan masalah apa saja yang sekiranya akan menghalangi bisnis kamu di masa depan. Karena pasalnya tidak ada bisnis yang bisa berjalan mulus tanpa perencanaan awal.

Itulah sebabnya, jika kamu mengabaikan pembuatan studi kelayakan sebelum memulai bisnis, kemungkinan besar perusahaan yang kamu jalankan akan mengalami kerugian di masa depan. Kamu tidak bisa menghadapi masalah yang datang karena kurangnya perencanaan.

 

 

2. Bisnis kamu tidak akan memiliki strategi pemasaran dan tujuan pasar yang jelas

 

Salah satu aspek yang akan dikembangkan jasa pembuatan studi kelayakan di kegiatan ini adalah aspek pasar dan pemasaran. Aspek ini membahas produk apa yang ditawarkan pada konsumen dan konsumen seperti apa yang dapat menerima produk kamu.

Jadi, jika kamu tidak memiliki strategi pemasaran yang jelas, maka bisnis kamu pun tidak akan berjalan dengan baik dan tidak bisa diserap oleh pasar.

 

 

3. Bisnis kamu akan sulit dikendalikan dan sistem manajemen yang tidak berjalan baik

 

Jika kamu tidak memiliki rencana awal dalam memulai suatu bisnis, tentunya semua pengendalian pun akan sulit dijalankan. Salah satu tujuan dari dibuatnya studi kelayakan pada bisnis kamu adalah memudahkan proses pengendalian.

Selain itu, aspek manajemen dan sumber daya manusia yang terlibat di dalam bisnis kamu akan dikembangkan secara rinci. Maka dari itu jangan abaikan pembuatan studi kelayakan sebelum didirikannya suatu bisnis.

 

 

4. Keuangan pada bisnis kamu tidak dapat dijalankan dengan baik

 

Aspek keuangan atau finansial pastinya juga dibahas oleh jasa pembuatan studi kelayakan dalam proses perencanaan bisnis kamu. Karena aspek inilah yang menjadi aspek terpenting dalam rencana perusahaan.

Keuangan juga menjadi faktor penentu berjalannya operasional perusahaan. Tanpa pengendalian dan pengaturan keuangan yang baik, sudah dipastikan bisnis kamu tidak dapat berjalan dengan mulus. Serta kemungkinan akan mengalami kerugian yang besar.

 

 

5. Kurangnya pengawasan dalam berjalannya bisnis kamu

 

Pelaksanaan yang sesuai dengan rencana dalam penyusunan studi kelayakan, menjadikan pengawasan pada bisnis kamu akan lebih mudah. Pengawasan dilakukan agar jalannya bisnis tetap sesuai jalur dengan apa yang telah direncanakan.

Namun, apabila kamu tidak melakuakn perencanaan diawal membangun bisnis, bagaimana pengawasan dapat dilakukan dengan mudah? Karena secara tidak langsung bisnis kamu tidak memiliki bukti-bukti laporan telah dikembangkannya berbagai aspek pada studi kelayakan bisnis.

 

 

Melihat banyaknya akibat yang akan ditimbulkan ketika mengabaikan studi kelayakan ini sangat banyak. Akan sangat rugi jika kamu tetap menganggap studi kelayakan dengan sepele. Sangat disayangkan jika persiapanmu memulai bisnis gagal hanya karena tidak melakukan satu fase ini.

 

Baca Juga : Peranan Studi Kelayakan Bisnis Dalam Mencegah Kegagalan

Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp