Address
Gedung Garden Avenue Rasuna Lantai 1
Jl.Epicentrum Tengah No.3 Rasuna Epicentrum Karet Kuningan Setiabudi Jakarta Selatan 12940
Phone
+62 21 5989 2328
Address
Gedung Garden Avenue Rasuna Lantai 1
Jl.Epicentrum Tengah No.3 Rasuna Epicentrum Karet Kuningan Setiabudi Jakarta Selatan 12940
Phone
+62 21 5989 2328
Pernahkah Anda mendengar istilah dari Brand Audit? Sejauh ini apabila mendengar istilah audit, yang langsung muncul dibenak kita sudah pasti lebih mengarah ke keuagan, bukan? Padahal fungsi audit tidak hanya terkungkung pada satu divisi itu saja. Brand Audit adalah salah satu contohnya.
Lalu, apa itu istilah dari Brand Audit?
Brand Audit adalah istilah yang digunakan untuk sebuah kegiatan menganalisa secara terperinci mengenai brand atau merek yang sedang Anda tawarkan di pasar. Analisa lebih merujuk pada kinerja dari merek tersebut ‘apakah telah sesuai dengan lanskap yang telah ditentukan sebelumnya?’ Atau bisa diartikan pula sebagai salah satu cara untuk mengetahui posisi merek di pasaran, sejauh mana bisa diterima pasar, hingga seberapa besar bisa menguasai pasar.
Bagaimana, sudah mulai memahami jika brand audit terasa sangat penting, bukan?
Ya, jika dibahas kembali, brand pada produk memanglah sangat penting dan berpengaruh pada jalannya perputaran kehidupan perekonomian perusahaan pengemas produk. Masyarakat sebagai pembeli akan lebih tertarik jika brand yang ditawarkan telah terbukti kualitasnya dan terlihat lebih famous dibandingkan para kompetitor sejenisnya.
Perusahaan-perusahaan kelas atas akan sangat memerhatikan kedudukan mereknya di pasaran. Audit akan secara teratur mereka lakukan agar bisa selalu berada di titik puncak. Namun, jangan terlalu berkecil hati. Jika produk yang Anda tawarkan bukanlah salah satu bagian dari merek terkenal dan menduduki pangsa pasar, jangan khawatir! Nyatanya perusahaan-perusahaan besar tersebut juga melakukan kerja keras di awal dalam memasarkan mereknya, berkutat dengan berbagai inovasi yang ditawarkan hingga akhirnya bisa menuai hasilnya seperti saat ini.
Dengan demikian, giatlah dalam melakukan inovasi pada merek dagang Anda agar mampu mensejajarkan posisi seperti mereka. Untuk menganalisa kedudukan merek Anda, maka sudah saatnya bagi Anda untuk melakukan brand audit.
Berikut metodologi yang diperlukan untuk melakukan audit tersebut, yakni:
Dari metodologi tersebut, bisakah Anda sendiri menghandlenya? Atau adakah salah satu karyawan Anda yang bisa melakukan setiap point yang tercantum pada metodologi tersebut? Jika karyawan Anda dan Anda sendiri tidak bisa menghandlenya, maka salah satu opsi yang bisa Anda lakukan ialah dengan menggunakan jasa konsultan untuk melakukan audit tersebut secara komprehensif atau menyeluruh.
Jika Anda masih ragu apakah efektif untuk memakai jasa sang konsultan, maka Anda perlu mengetahui hal yang satu ini terlebih dahulu sebagai bahan pertimbangan. Biasanya dalam melakukan brand audit, konsultan akan melakukan 2 bentuk audit, yakni internal branding audit dan eksternal branding audit.
Yang termasuk dalam internal branding audit yakni kegiatan menganalisa merek atau brand yang berasal dari dalam perusahaan. Berikut point-point yang termasuk dalam internal branding audit tersebut.
Sedangkan eksternal branding audit akni kegiatan menganalisa merek atau brand yang berasal dari luar kondisi perusahaan. Berikut point-point yang termasuk dalam eksternal branding audit tersebut.
Setelah mempelajari beberapa point di atas dan menganggap bahwa Anda melakukan pengauditan sendiri, tak mengapa. Anda cukup mengikuti 7 langkah ini untuk melakukan brand audit, ya!