Berbicara mengenai brand tentu tidak akan terlepas dari kemasan produk. Sebagai seorang pebisnis harus paham menentukan wajah bagi barang atau jasa yang akan ditawarkan. Faktor utama yang mesti diperhatikan adalah keamanan dan kenyamanan. Akan tetapi, untuk mendukung tingkat penawaran pasar nyaman dan aman tidaklah cukup. Kemasan harus menarik perhatian sehingga konsumen berkenan untuk membeli.

Buat perusahaan besar yang sudah memiliki pelangan packaging bukan lagi menjadi persoalan besar. Sedangkan untuk pemula pembahasan ini menjadi sangat penting karena menyangkut keuntungan yang akan diterima. Kemasan yang menarik tidak melulu harus cerah dan heboh. Perhatikan sasaran konsumen dan sesuaikan dengan keinginan mereka. Misalnya, riset pasar menunjukan bahwa anak kuliah menjadi target produk. Maka, konsep kemasan dibuat lebih dewasa dan sederhana.

Sebenarnya, cara atau metode untuk membuat packaging menarik bisa ditemukan dengan mudah. Bahkan Anda bisa mengeksplor sendiri. Namun, yang harus diperhatikan ialah positioning produk. Kemasan bagus, kualitas keren, dan strategi pemasaran yang jelas merupakan komponen sempurna untuk meningkatkan kurva penawaran. Sekali lagi, inovasi dan kreatifitas menjadi poin dasar.

Kemasaran harus meninggalkan kesan di hati konsumen dan unik agar berbeda dengan produk lain. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat packaging cantik sekaligus menarik.

Gunakan Warna Cerah

Kemasan menarik didukung dengan warna-warna cerah dan berbeda. Contohnya, pelaku bisnis melakukan riset mengenai produk kompetitor. Perhatikan kemasan yang mereka gunakan, dan mulai berpikir menentukan konsep untuk produk Anda. Biasanya warna cerah menjadi pilihan tepat untuk menciptakan kesan menonjol dan berbeda.

Desain Sederhana

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Desain kemasan menjadi salah satu elemen yang akan membuat konsumen tertarik. Pilih konsep yang sederhana dan menyatu dengan apa yang ingin disampaikan pada pelanggan. Kemudian pilih warna-warna cerah agar mencolok dibandingkan dengan produk lain. Jadi, jangan sekali-kali buat user kebingungan dengan desain rumit.

Tambah Data Legalitas

Berikut yang juga penting ialah menambahkan data atau simbol legalitas dari pemerintah. Konsumen akan lebih percaya dengan produk yang bersertifikat. Hal itu menunjukan bahwa produk terjamin kualitasnya. Sedangkan ketika barang yang ditawarkan “kosongan”. Secara otomatis user berspekulasi bahwa produk tersebut abal-abal.

Tuliskan Manfaat Produk

Packaging bukan hanya masalah warna dan desain. Dia harus tetap mengandung informasi agar konsumen lebih tertarik membeli karena paham akan manfaat dari produk tersebut. Jadi, sebaiknya berikan ruang kecil untuk menuliskan informasi singkat dan padat dengan font yang berbeda.

Gunakan Bahan yang Berbeda

Selanjutnya adalah buat packaging dari bahan yang berbeda. Alasan ini bisa dijadikan sebagai pertimbangan untuk menurunkan budget pemasaran. Contoh, ketika kompetitor mengunakan plastik tebal untuk produknnya. Anda bisa mulai melirik kertas daur ulang atau barang lain yang menunjang ketertarik konsumen.

 

Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp