Brand menjadi poin yang tidak kalah penting dalam sebuah bisnis. Merek yang baik akan berperan dalam membentuk image di kalangan masyarakat. Ketika hal itu sudah didapatkan secara tidak langsung kepercayaan konsumen akan meningkat. Kondisi ini yang kemudian membuat penentuan merek perlu dilakukan banyak pertimbangan. Perusahaan besar tidak hanya membuat simbol produk untuk menaikan permintaan user. Melainkan brand yang digunakan harus mewakili citra positif bagi pebisnis.

Menurut McDaniel merek ialah istilah, nama, simbol, desain, atau kolaborasi dari keempatnya. Digunakan sebagai ciri khas atau identifikasi dari produk para penjual, sekaligus sebagai pembeda terhadap barang pesaing. Dari pendapat tersebut bisa dikatakan bahwasannya brand memiliki peran yang cukup penting dalam lingkup pasar. Semakin bagus dan menarik nama yang digunakan akan mudah diingat oleh konsumen.

Tantangan yang muncul adalah bagaimana menciptakan brand yang bukan hanya menarik, namun mudah diingat oleh para konsumen. Alasan inilah yang kemudian banyak bermunculan para jasa konsultan brand. Mereka menawarkan berbagai penawaran menghiurkan dalam menentukan merek itu sendiri.

Sebenarnya ada beberapa langkah ampuh yang bisa membantu Anda untuk menciptakan merek, dan berikut penjabaranya. Semoga bermanfaat.

Tentukan Konsumen

Langkah pertama yang paling signifikan adalah melakukan riset konsumen dan pesaing. Temukan kebutuhan sekaligus keinginan dari user. Setelah poin tersebut terfokuskan berikutnya Anda melakukan analisis pesaing. Tujuannya untuk mendapatkan peluang yang belum dimanfaatkan para kompertitor.

Fokuskan Karakter Brand

Perusahaan besar maupun kecil tentu memiliki filosofi yang berbeda-beda. Fokuskan produk itu pada karakter tersebut, sehingga penciptaan merek akan lebih mudah dan merujuk pada kuatnya karakter barang atau jasa. Setelah semuanya jelas, secara otomatis Anda akan terbantu menentukan desain ataupun tulisan untuk produk itu sendiri.

Tentukan Nama Brand

Nama merek merupakan komponen penting dalam bisnis. Kondisi ini menuntut Anda untuk tidak asal mengambil tulisan untuk diterapkan pada brand. Nama tersebut menjadi komitmen perusahaan yang berkaitan dengan pembuatan simbol atau logo, domain website, strategi pemasaran, dan pendaftaran merek dagang. Jadi, sudah sewajarnya nama brand dibuat dengan memperhatikan efek kedepannya.

Perhatikan Penampilan Brand

Warna dasar produk harus mewakili apa yang ingin diungkapkan. Begitupun font yang akan digunakan. Semua elemen ini harus diperhatikan karena akan berdampak pada proses pemasaran dan pengaruhnya pada konsumen. Ketika Anda kebingungan, bisa mencari inspirasi dengan melakukan riset terhadapa produk sejenis yang sudah ada di pasaran.

Tentukan Logo

Logo menjadi wajah yang harus mewakili visi dan misi merek secara visual hingga sampai pada konsumen dengan baik.Anda bisa menggunakan jasa desainer yang banyak bermunculan, bisa juga mengembangkan sendiri. Intinya adalah masyarakat akan mengenal produk dari logo. Jadi, sudah seharusnya simbol itu mudah diingat, terukur, dan menarik.

Brand bukan hanya kombinasi warna, tulisan, slogan, dan logo. Ada banyak komponen yang terus ditingkatkan. Maka tidak ada salahnya ketika pebisnis terus melakukan berkembangan untuk menyempurnakan merek itu sendiri.

 

Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp