Serangan Rayap

Hama rayap sering menjadi faktor utama yang merusak berbagai perabot serta bagian rumah yang terbuat dari kayu. Karena hal itu, Anda harus sering memeriksa rumah dan perabot tersebut untuk mengetahui apakah terdapat serangan rayap atau tidak. Ada dua cara untuk mengetahui keberadaan rayap sebelum Anda menindaklanjutinya dengan membasmi sendiri atau memakai jasa anti rayap Surabaya, yaitu:

  • Pertama, periksa semua bagian rumah dan perabot kayu apakah ada ruang kosong di dalamnya serta rapuh ketika di tekan.
  • Kedua, dengan melihat kotoran rayap yang mirip serbuk kayu di perabot kayu Anda.

Jika ternyata rayap telah menyerang Anda dapat memanggil pihak pembasmi hama atau menanganinya sendiri secara alami.

5 Cara Basmi Rayap Sebelum Sewa Jasa Anti Rayap Surabaya

1. Campuran Air Lemon dan Cuka

Penggunaan campuran perasan air lemon dan air cuka dapat Anda gunakan dengan menyemprotkannya pada bagian rumah atau perabotan kayu yang diserang oleh hama rayap. Penyemprotan harus dilakukan setiap hari sampai semua rayapnya menghilang.

2. Minyak mimba dan Orange Essential Oil

Kedua minyak ini dapat dengan mudah dibeli di apotek dan harganya lebih murah daripada menggunakan jasa anti raya Surabaya. Keduanya bisa digunakan menjadi pestisida atau racun serangga alami sehingga tidak merusak perabotan dan tidak berbahaya bagi Anda dan keluarga ketika menyentuhnya.

Penggunaan minyak mimba atau yang biasa diketahui sebagai minyak neem dan minyak jeruk esensial di teteskan pada kapas bersih kemudian usap pada perabot kayu Anda. Rayap akan enggan menyentuh perabot yang telah diolesi minyak ini sehingga lambat laun jumlahnya akan berkurang.

3. Memakai Kapur Barus

Calainnya adalah dengan menggunakan kapur barus yang oleskan ke berbagai permukaan perabotan kayu. Cara ini cukup efektif kapur barus memiliki zat naftalena serta memiliki aroma kuat yang tidak disukai rayap.

Namun, cara ini harus dilakukan secara berkala, karena kapur barus akan hilang dengan sendirinya. Agar efek kapur ini bertahan cukup lama maka gunakanlah kantung khusus kemudian gantung dibeberapa bagian perabotan kayu yang ada.

Jika terdapat retakan di dinding maka kamu dapat menaruh beberapa kapur barus kedalam retakan tersebut untuk mencegah kedatangan rayap melalui retakan dinding tersebut.

4. Menjemur Peraboran

Cara sederhana lain yang bisa Anda gunakan untuk membasmi rayap sebelum menyewa jasa anti rayap Surabaya adalah dengan menjemur perabotan kayu tersebut. Rayap sangat rentan terhadap panas, jadi dengan menjemur perabotan secara berkala akan membunuh rayap tersebut.

Selain menjemur furniture kayu yang ringan kamu juga harus menjaga ruangan agar tidak lembab untuk mencegah serangan rayap pada perbabot kayu yang berat seperti lemari dan tempat tidur.

5. Menggunakan Perangkap Bebas Bahan Kimia

Perangkap rayap yang paling mudah dan murah adalah dengan menggunakan kardus bekas. Anda tinggal melipat dengan bebas atau menggulung kardus tersebut menjadi seperti pipa dan tetesi dengan air biar lembab. Kardus lembab mengeluarkan bau khas kayu yang dapat menarik perhatian rayap. Tunggu sehari dan pada keesokan harinya Anda dapat buang atau bakar perangkap tersebut beserta rayap-rayapnya.

Penanganan rayap dengan cara di atas cukup efektif dan berbiaya murah, namun jika serangan rayap sudah terlalu parah dan dibutuhkan penanganan dengan menggunakan bahan kimia maka segeralah panggil ahli anti rayap Surabaya profesional tersebut.

loading...
Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp