Di Indonesia, perusahaan yang bergelut di bidang konsultasi bukanlah sesuatu hal yang asing lagi. Hal ini berbanding lurus dengan mulai menjamurnya perusahaan-perusahaan yang menawarkan banyak jasa konsultasi di Indonesia, mulai dari skala kecil yang terletak di daerah-daerah hingga skala menengah dan nasional yang terletak di kota-kota besar.

Perusahaan konsultan sendiri, tak hanya ada satu macam saja sebab ada banyak jenis dari lembaga konsultasi itu sendiri. Misalnya konsultan properti, konsultan bisnis, konsultan manajemen, dan banyak lagi macam dari konsultan lainnya.

Berbicara mengenai bisnis, yang punya satu kesatuan dengan manajemen sebagai poros dari kehidupan bisnisnya, maka jasa konsultan manajemen layak untuk dipertimbangkan bagi perusahaan Anda.

Pentingnya peran dari konsultan manajemen sangat dirasakan pada saat perusahaan Anda mengalami krisis dan dikhawatirkan terkena dampak kebangkrutan. Sebab konsultan manajemen menawarkan beberapa solusi terkait masalah yang timbul dalam perusahaan.

Konsultan manajemen akan memulai tugasnya dengan mengumpulkan informasi terkait permasalahan yang ada, lalu mengidentifikasinya agar bisa membuat langkah-langkah selanjutnya. Karena manajamen perusahaan adalah poros kehidupan suatu perusahaan, maka konsultan manajemen wajib menyelesaikan masalah yang ada, baik terkait dengan pemasaran, keuangan, personalia, resiko, dan lain sebagainya.

Budget yang dikeluarkan apabila memilih mengguankan jasa konsultan manajemen bisa dibilang berbanding lurus dengan pekerjaannya dimana konsultan dituntut untuk memberikan value added terbaik untuk klien agar bisa menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

Nah, di bawah ini akan dibagikan apas aja tips memilih konsultan manajemen, ya.

Track Record

Jejak pengalaman, nama dan reputasi konsultan menjadi hal pertama yang perlu menjadi pertimbangan pada saat memilih ingin menggunkan jasanya. Hal ini bertujuan agar bisa mengukur seberapa suksesnya perusahaan konsultan bisa membantu sang klien menjadi berkembang dan bisa mengatasi masalah yang sedang dihadapi.

Metodologi

Metodologi yang ditawarkan oleh perusahaan konsultan harus disesuaikan dengan masalah yang sedang dihadapi perusahaan. Apakah harus menggunakan metodologi kuantitatif atau metodologi kualitatif, atau mungkin menggabungkan keduanya. Hal ini menjadi hal yang cukup penting ketimbang hanya menelisik dari track recordnya saja.

 

Budgeting

Sebelum memutuskan untuk memilih menggunkaan jasa konsultan tersebut, sebaiknya perusahaan memperhitungkan budget yang ada terlebih dahulu. Jangan sampai keuangan perusahaan menjadi lebih krisis karena salah memilih lembaga konsultan.

 

Known to Deep

Point terakhir ini jarang dijadikan pilihan oleh sang klien, padahal ini tak kalah penting, loh. Ketika Track Record telah diketahui, maka perusahaan Anda harus mengetahui lebih dalam sepak terjang lembaga konsultan. Dan kerahasiaan perusahaan Anda wajib untuk dilindungi. Untuk itu, pastikan lembaga konsultan yang telah Anda pilih mampu menjaga privasi klien.

 

Demikian tips yang bisa diberikan sebelum memutuskan untuk memilih jasa konsultan manajemen. Pilihlah lembaga konsultan dengan bijaksana dan cerdas!

Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp