Pemasaran merupakan cara yang dilakukan oleh setiap pebisnis untuk mencapai keuntungan. Proses dalam menjalankan tidak semudah yang dibayangkan. Karena berbagai analisis untuk mendukung kegiatan ini harus dilakukan. Misalnya saja, riset pasar, dan konsumen potensial. Strategi pemasaran adalah metode yang digunakan para pelaku bisnis untuk meningkatkan pembelian terhadao produknya.

Menurut Willian J. Stanton pemasaran ialah keseluruhan aktivitas bisnis yang bertujuan untuk merencanakan, penentuan harga produk, promosi, sampai penyalurkan barang atau jasa pada sehingga konsumen merasakan kepuasaan. Pendapat ini menjadi bukti bahwa ranah pemasaran tidak sebatas menjual produk  untuk mendapatkan keuntungan. Jadi, sudah sewajarnya setiap pebisnis memiliki strategi yang berbeda dalam pelaksanaan strategi pemasaran.

Ada pengusaha lebih suka untuk menjalankan strategi pemasaraan secara konvensional, ada yang non konvensional, dan sekarang banyak dari mereka yang mengabungkan dua metode tersebut. Semua cara pemasaran itu tidak ada yang salah, selama tujuan akhir tercapai dengan baik. Namun, ada baiknya ketika Anda mengunakan strategi yang sesuai dengan karakter konsumen.

Berikut beberapa jenis strategi pemasaran yang akan mempermudah pelaku bisnis dalam mengidentifikasi konsumen potensialnya. Semoga bermanfaat.

Internet Marketing

Strategi pemasaran jenis ini sangat cocok diterapkan untuk menyeimbangkan perilaku masyarakat yang selalu terkoneksi dengan internet. Banyaknya aplikasi yang bisa digunakan mempermudah proses marketing. Anda hanya perlu menyediakan konten menarik dan berkualitas. Kemudian, membuat brand sendiri di media sosial akan menambah keunggulan untuk produk.

Poin of Purchase

Berikutnya ada poin of purchase (POP) yaitu jenis strategi pemasaran yang biasanya dilakukan di toko retail yang menjual berbagai jenis produk. Para pebisnis akan meletakan produk didekat barang yang sedang dipromosikan. Maksimalkan semua product knowledge  dan komunikasi sehingga konsumen tidak punya alasan untuk menolak. Untuk menunjang Anda harus lebih keras berpikir mengenai kemasaran produk yang menarik, dan menempatkan di tempat strategis seperti dekat pintu masuk dan keluar.

Earnet Media

Strategi pemasaran ketiga adalah earnet media dimana metode dilakukan secara tidak langsung. Anda harus membangun kepercayaan konsumen melalui media. Salah satu yang bisa dilakukan ialah dengan membangun brand dan image positif di mata konsumen. Contohnya, merespon pesan dengan cepat. Selain itu, tetap memperhatikan kualitas.

Direct Selling

Strategi pemasaran terakhir yaitu menjual produk secara langsung pada konsumen. Metode ini akan lebih lelah dikarenakan pebisnis dituntut untuk terus berjalan dari rumah ke rumah. Sedangkan keuntungannya proses penjualan akan lebih cepat. Cara direct selling sering digunakan pebisnis yang belum terlalu memiliki modal besar. Jadi, secara tidak langsung kemampuan komunikasi yang baik sangat diperlukan untuk mendukung pemasaran.

Brankas Bro Live Chat
Send via WhatsApp